16 Warga Panjang Positif Covid-19 Dirawat di RSUD-BNH Kota Baru

LIDIK.ID,Bandar Lampung – Kasus positif covid-19 terus bertambah hingga saat ini, sebanyak 16 pasien terkonfirmasi positif covid-19 atau virus corona menjalani perawatan di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) Kota Baru, Lampung Selatan hingga Selasa (23/6/2020).

Pasien termuda di rumah sakit tersebut masih bayi berusia 6 bulan yang diduga terpapar covid dari ayah dan ibunya yang juga tengah menjalani perawatan di tempat yang sama.

Baca Lainnya

dikutip LIDIK.ID dari TribunLampung,Direktur RSBNH Kota Baru dr Djohan Lius mengungkapkan, pasien tersebut secara keseluruhan berasal dari Kecamatan Panjang, Bandar Lampung.

“Masuknya di waktu berbeda. Mulai masuk hari Sabtu (20/6/2020) sebanyak 5 pasien. Hari Minggu tambah 3 dan terus bertambah hingga saat ini total ada 16 pasien,” jelas dr Djohan.

Secara keseluruhan pasien tersebut dengan status terkonfirmasi positif.

“Semua yang masuk rumah sakit ini yang sudah dikonfirmasi positif. Sudah ada hasil swab,” Ujarnya.

“Semuanya dari Bandar Lampung, dari satu lokasi Kecamatan Panjang,” imbuh dia.

Namun dr Djohan enggan membeberkan Lebih jauh apakah kasus ini bisa disebut cluster.

“Nggak tepat kalau sumbernya dari saya. Silahkan konfirmasi langsung ke dinas kesehatan Bandar Lampung,” ujar dr Djohan.

RSBNH sendiri sebelumnya sempat kosong pasien Covid-19 dalam lima hari sejak pasien terakhir asal Lampung Tengah Nomor 109 dinyatakan sembuh dan pulang pada 15 Juni 2020 lalu.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN menyebut masih banyak warung makan, termasuk lapo tuak, di kawasan Kecamatan Panjang yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

Menurut dia, itulah yang menyebabkan tingginya kasus virus corona (Covid-19) di Panjang.

“Banyak lapo tuak di Panjang jalur Bypass yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” ujar Herman HN, Senin (22/6/2020).

Herman menuturkan, keberadaan lapo tuak menjadi salah satu penyumbang pesatnya penyebaran kasus positif Covid-19 di Kecamatan Panjang.

BeritaTerkait

Discussion about this post