Anak Usia 12 Tahun ke Bawah Telah Diperbolehkan Naik Pesawat, Kereta Api dan Kapal

LIDIK.ID , Jakarta – Bagi anak berusia 12 tahun  ke bawah telah diperbolehkan untuk berpergian menggunakan pesawat terbang, kereta api dan kapal laut. Jum’at, (22/10).

Kabar tersebut disampaikan oleh Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito.

“Dizinkannya mobiltas anak-anak kurang dari 12 tahun, dimana dalam aturan sebelumnya dibatasi dengan syarat wajib menunjukkan satu dokumen, yaitu hasil tes negatif Covid-19 sesuai moda transportasi dan daerah tujuannya,” ujar Wiku, dalam konferensi pers virtual di YouTube Sekretariat Presiden. Kamis, (21/10).

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan keputusan lintas sektor dengan mempertimbangkan kondisi Covid-19 di Indonesia.

Selain itu, juga berdasarkan kesiapan sarana dan prasarana yang mendukung, serta penerapan protokol kesehatan di lapangan.

Ikatan Dokter Anak Indonesia juga telah menyatakan tes Covid-19 berupa PCR dan rapid test telah dapat digunakan oleh anak-anak.

“Keputusan ini dilakukan untuk meningkatkan kemudahan masyarakat, khususnya yang berada dalam keadaan mendesak atau penting. Misalnya perpindahan orang tua akibat pindah tugas, perjalanan dinas dan lain-lain,” pungkas Wiku.

Kebijakan perizinan anak usia di bawah 12 tahun dapat menggunakan kereta api, dan transportasi laut serta udara juga tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub dan SE Satgas Penanganan Covid-19, sebagai berikut:

  • Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 21 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19
  • Surat Edaran Kemenhub No 87 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Laut Pada Masa Pandemi Covid-19
  • Surat Edaran Kemenhub No 88 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19
  • Surat Edaran Kemenhub No 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19

(MYG)

Discussion about this post