Aplikasi Android Khusus Rakyat Indonesia diluncurkan Guna Melacak Pasien Virus COVID-19

LIDIK.ID, Bandar Lampung – Untuk membantu dan penyegahan penyebaran virus corona, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) merilis sebuah aplikasi bernama PeduliLindungi ini dibuat untuk mengawasi pasien positif corona (Covid-19) di Indonesia. Lewat aplikasi ini, warga yang terinfeksi Covid-19 akan terlacak. Selain itu, aplikasi ini juga akan memberitahu pengguna jika sempat melakukan kontak secara fisik seperti berbicara atau berpapasan dengan pasien tersebut.

Aplikasi PeduliLindungi dapat dimiliki pengguna android dengan mengainstallnya melalu Play Store.

Dengan adanya kerja sama dengan para operator seluler, lokasi pasien akan ditelusuri selama 14 hari ke belakang, melacak lokasi saat ini, dan mencegah pasien melewati wilayah karantina.

Trace Together yang dikembangkan pemerintah Singapura. Sayangnya, aplikasi ini belum dapat digunakan oleh pengguna iOS. Selain itu, aplikasi ini dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk.

Aplikasi PeduliLindungi ini bekerja dengan fitur bluetooth. Untuk melakukan registrasi dalam penggunaan aplikasi ini juga diperlukan data diri dan nomor handphone anda. Tak perlu khawatir, pengembang menegaskan bahwa data yang dikumpulkan adalah identitas gawai dan waktu saat Anda berada dalam radius yang dekat dengan gawai lain yang terinstall aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi akan merekam data proximity satu perangkat dengan perangkat lainnya tersebut dalam format yang terenkripsi dan tidak merekam data geolokasi. Terkait nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID acak di dalam server yang aman. Data juga tidak akan diakses kecuali anda dalam risiko tertular Covid-19.

Dijelaskan kembali cara kerja PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gawai anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan.  Akanl terjadi pertukaran ID Anonim yang akan direkam oleh gawai masing-masing jika ada gawai lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi.

Melalui pertukaran data dari bluetooth ini, tim akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) maupun ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Kemudian anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan apabila anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan orang yang terjangkit Covid-19, PDP, dan ODP.

 

Discussion about this post