Azis Syamsuddin Akui Uang Rp 200 Juta yang Diberikan ke Stepanus Robin Untuk Urusan Keluarga

LIDIK.ID , Jakarta – Azis Syamsuddin, mantan Wakil DPR Periode 2021-2024 sekaligus Kader Partai Golkar, hadir dalam perisadangan lanjutan eks penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin Pattuju hari ini, sebagai saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Senin, (25/10).

Saat dimintai keterangan mengenai uang Rp 200 juta yang diberikan Azis kepada Robin, diakuinya itu adalah hutang untuk membantu urusan keluarga mantan penyidik KPK tersebut.

Robin mendatangi Azis di rumah dinasnya yang berkawasan di Kuningan, Jakarta Selatan untuk meminta bantuan.

“Sejak tahun 2020, berapa kali Robin datang mengunjungi saksi?,” tanya Jaksa dalam persidangan di Pengadilan , dikutip dari Kompas. Senin, (25/10).

“Sekitar 3 kali,” jawab Azis.

Mengenai waktu bertemunya, Azis mengaku sudah lupa. Namun, ia menjelaskan di pertemuan kedua dan ketiga, Robin meminta uang kepadanya untuk membantu urusan keluarga.

“Bantuan untuk kebutuhan keluarga. “Bang saya lagi kesulitan, kalau boleh saya dibantu’, untuk apa saya bilang, untuk urusan keluarga ini itulah, secara persisnya saya tidak ingat,” papar Azis.

Azis juga menjelaskan, awalnya ia memberikan uang kepada Robin senilai Rp 10 juta, tapi jika di total secara keseluruhan jumlahnya mencapai Rp 200 juta. Lantas, Jaksa bertanya kapan uang itu diserahkan.

Azis menjawab dirinya lupa waktu persisnya kapan, ia hanya menerangkan uang itu diberikan secara transfer karena Robin datang pada malam hari dengan keadaan memelas.

Adapun, Azis Syamsuddin bersama Aliza Gunado, yang juga menjabat sebagai Kader Partai Golkar didakwa telah memberikan uang kepada Stepanus Robin Patujju dan tersangka lainnya Maskur Husain sebanyak Rp 3.5 Milar.

Uang itu diberikan untuk membantu pengurusan dugaan perkara korupsi di Kabupaten Lampung Tengah yang tengah ditangani oleh KPK agar tidak naik ke penyidikan.

Selain Azis Syamsuddin, KPK juga menghadirkan saksi lain pada persidangan lanjutan Stepanus Robin Patujju, yakni mantan Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna.

(MYG)

Discussion about this post