Badan Penyuluh Pertanian Abung Semuli Lakukan Sosialisasi Pengendalian Hama Tikus di Desa Sidorahayu

LIDIK.ID , Lampung UtaraBadan Penyuluh Pertanian (BPP) abung semuli lakukan sosialisai pengendalian hama tikus di desa sidorahayu kec. Abung semuli kab.lampung utara, Kamis (03/12)

dalam kegiatan tersebut turut hadir KCD Abung Semuli Bpk Subur Rasmanto, S.H., M.M, POPT sugeng indarto. Babinsa imam, penyuluh pertanian se kec abung semuli dan kelompok tani se Desa sidorahayu.

Baca Lainnya

Tikus merupakan salah satu hama perusak tanaman paling banyak tahun ini, oleh karena itu saat tanam padi perlu adaya gerak cepat pengendalian tikus.

Dalam sambutanya KCD abung semuli Subur rasmanto SH.MM mengatakan hari ini kita secara bersama sama melakukan kegiatan nyatayang berawal dari keluahan masyarakat di daerah sidorahayu.

” pengendalian hama tikus yang berkerjasama dengan balai laboratorium semuli raya merupakan hasil laporan dari masyarakat sidorahayu yang mengeluhkan hama tikus dan alhamdulilah hari terlaksana dan dihadiri semua kelompok tani ” ujarnya

diketahui teknis pengendalian hama tikus Menurut POPT Sugeng Indarto ada beberapa teknis pengendalian

1. Dengan hewan ular

2. Burung Hantu ( tyto alba) kita bisa memberikan tempat bertengger ditengah tanaman padi atau memberikan kandang

3. Umpan racun namun ini dikeberikan ketika pengolahan tanah

4. Stik pengendali tikus

Apa itu ? Yaitu alat untuk pengasapan lubang tikus dan ini lebih efektif, terbuat dari limbah stik tangki semprot manual, regulator, gas elipigi, belerang, cerobong

5. Kontiyu artinya kita harus sering mengecek keberadan hama ketika ada maka segera dikendalikan

6. Dilingkungan tanaman bersih

Winoto SHI selaku petani sidorahayu mengucapkan terimakash kepada POPT, KCD, dan penyuluh pertanian “telah dapat hadir untuk menuntaskan hama di desa kami.

” inilah yang kami tungu tunggu, kendala kami ketika menanam padi adalah hama diantaraya hama tikus dan hari ini yang kita nanti nantikan cara pengendalian hama tikus dan mudah mudahan yang telah disampaikan bisa kami realisasikan dan juga insyaallah nantik kita buat alat alat pengendalian hama itu” tutupnya

(IMM)

BeritaTerkait

Discussion about this post