Banyak OTG, Anies Bagikan Puluhan Juta Masker

LIDIK.ID, JAKARTA – Banyaknya jumlah OTG yang diisolasi secara mandiri membuat masyarakat khawatir dengan orang-orang di sekitarnya. Tak hanya itu, Orang Tanpa Gejala (OTG) tidak memiliki ciri-cii orang sakit. Hal ini lebih berbahaya karena orang di sekitarnya maupun diri sendiri mungkin tak menyadari bahwa ia terinfeksi Covid-19.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi penyebaran virus dari OTG, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akan membagikan 20 juta masker kain gratis kepada warga Jakarta.

Baca Lainnya

“Ini diwajibkan digunakan. Ini salah satu alat paling efektif untuk cegah penularan,” kata Anies di Jakarta, Sabtu, 2 Mei 2020.

Menurut dia, ada 10 juta warga DKI yang akan mendapat masker kain gratis. Setiap warga akan mendapatkan dua masker yang bisa dicuci. Anies menganggap pembagian masker merupakan langkah efektif untuk mencegah penyebaran. Sebab sangat sulit menebak infeksi korona pada OTG.

“Orang tanpa gejala, maupun masyarakat yang tidak punya covid-19 atau dalam kondisi sehat juga harus pakai. Jadi potensi tertular jadi lebih kecil,” ujar Anies.

Pembagian masker melalui kelurahan, kemudian ke RW/RT, lalu ke setiap Kepala Keluarga yang ada di Jakarta. Setiap orang akan menerima satu paket plastik berisi dua masker kain.

Pembagian masker gratis tersebut diharapkan dapat efektif untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain itu, masyarakat selalu diingatkan untuk menaati kebijakan pemerintah demi menekan pertumbuhan virus covid-19 dan memutuskan rantai penyebarannya.

 

BeritaTerkait

Discussion about this post