Beredar Video Penjualan Daging Anjing di Pasar Senen, Jakarta

LIDIK.ID , Jakarta – Beredar video di media sosial instagram terkait penjualan daging anjing di Pasar Jaya Senen, Jakarta. Sabtu, (11/09).

Video tersebut tersebar di media sosial instagram melalui akun @animaldefendersindo. Dalam keterangannya,  dijelaskan bahwa penjualan daging anjing di pasar tersebut sudah berlangsung sekitar 6 tahun lamanya.

Baca Lainnya

“Satu lapak yang kami investigasi, mengaku  bahwa mereka minimal menjual 4 ekor anjing dalam sehari. Mereka sudah beroperasi lebih dari 6 tahun,” tulis keterangan dalam video tersebut.

Diketahui terdapat 3 lapak yang menjual daging anjing di pasar tersebut. Dari perkiraan hitung tim Animal Defenders Indonesia, kurang lebih sebanyak 8.760 ekor anjing yang terjual per-tahunnya, yang jika ditotal selama 6 tahun sebanyak 26.280 ekor di 1 lapak.

Pasokan daging anjing itu tidak berasal dari daerah DKI Jakarta saja, disebutkan Jawa Barat adalah pemasok utama dalam sindikat penjualan tersebut.

“26.280 ekor anjing itu tidak mungkin didapatkan dari wilayah DKI sendiri. Tentu, ini didatangkan dari wilayah lain. Jawa Barat adalah pemasok utama. Sukabumi, Ciamis, Tasikmalaya, Pangandaran, Pelabuhan Ratu, dan sebagainya adalah daerah pemasok, yang masih ada kasus-kasus rabies tanpa henti,” lanjut keterangan dalam video tersebut.

Video tersebut diunggah sebagai somasi yang dilayangkan kepada PD Pasar Jaya Senen, tembusannya juga telah dikirimkan kepada Gubernur DKI Jakarta beserta jajaran lainnya.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta juga sudah turun langsung ke Pasar Jaya Senen untuk melakukan koordinasi.

“Saya langsung ke lapangan ke tempat yang dituju. Kami melakukan koordinasi dengan Pasar Jaya. Kedua, kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian,” ujar Suharini Eliawati selaku Kepala Dinas DKPKP DKI Jakarta kepada wartawan, Jum’at (10/09).

Suharini juga tidak sempat bertemu dengan para penjual daging anjing tersebut.

Diketahui tidak ada larangan atas penjualan daging anjing, namun kedepannya dipastikan

akan dipisahkan dari daging lainnya.

(MYG)

BeritaTerkait

Discussion about this post