Beri Waktu WHO 30 Hari, Trump Ancam Bekukan Bantuan Anggaran

LIDIK.ID, Washington, DC – Maraknya kasus Corona tak hanya dirasakan oleh Tanah Air Indonesia saja. Virus ini menyerang juga menyerang 200 negara lainnya di dunia. Sejauh ini negara dengan kasus tertinggi adalah Amerika Serikat dengan 4.897.567 kasus.

Dalam kasus ini, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memberi peringatan kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam waktu 30 hari supaya lembaga tersebut melakukan perubahan kebijakan dan sikap. Jika tidak, ia mengancam akan mundur dari keanggotaan dan membekukan bantuan anggaran yang diberikan oleh Amerika Serikat.

Pernyataan terakhir itu dubuat surat sebanyak empat halaman tersebut, Trump juga menuduh lembaga itu kerap melakukan kekeliruan dalam mengambil keputusan terkait penanganan pandemi virus corona (Covid-19).

“Pada dasarnya dalam surat tersebut saya meminta mereka (WHO) melakukan perubahan sikap. Mereka harus berusaha menjadi lebih baik. Mereka harus lebih adil terhadap seluruh negara, termasuk Amerika Serikat, atau kami tidak akan mau lagi terlibat dengan mereka. Dan kami akan melakukannya dengan cara kami,” kata Trump dalam jumpa pers di Gedung Putih, Washington D.C., seperti dilansir Associated Press, Rabu 20 Mei 2020.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus, menyatakan akan berjanji lembaga itu akan terus melakukan perubahan, bertanggung jawab dan terbuka.

“Memeriksa dan belajar ada di dalam DNA WHO. Di pengujung hari yang paling berharga dalam hidup adalah perbuatan dan perkataan kita,” kata Tedros, seperti dilansir CNN.

Sebelumnya, Trump juga menyindir kebijakan WHO dalam menghadapi pandemi virus corona dan mengatakan  lembaga itu hanya menjadi boneka China.

“AS menyumbang US$450 juta per tahun kepada mereka. China menyumbang US$38 juta setiap tahun. Dan mereka adalah boneka China. Mereka China-sentris. Mereka memberi kami saran yang sangat buruk. Mereka selalu salah dan malah berada di samping China,” kata Trump.

Trump juga menolak berpidato di depan forum Majelis Kesehatan Dunia (WHA) secara telekonferensi.

“Nanti saya akan memberikan pernyataan kepada mereka (WHO). Saya pikir pekerjaan mereka sangat payah dalam beberapa waktu,” kata Trump dalam jumpa pers.

Hingga berita ini ditayangan, virus Corona yang menyerang Amerika Serikat telah menelan 323.286 jiwa.

Discussion about this post