Cegah Corona, MENAG Himbau Jangan Mudik Jika Sayang Orang Tua

LIDIK.ID , JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi meminta warga yang berada di wilayah terpapar virus Corona tidak mudik Lebaran pada tahun ini. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Menag mengatakan jika tetap nekat mudik artinya tidak sayang orang tua, tidak sayang saudara di kampung.

Baca Lainnya

“Kalau sayang orang tua, sayang saudara di kampung, jangan mudik,” kata Menag Fachrul dalam siaran pers yang diterima di Jakarta pada Sabtu 28 Maret 2020.

Masyarakat yang berasal dari wilayah dengan banyak kasus positif corona seperti di Jakarta, meski tidak memiliki gejala, tetapi memiliki kemungkinan sebagai pembawa virus dan bisa menyebarkannya saat pulang ke kampung halaman masing-masing.

Langkah penundaan mudik tersebut harus dilakukan untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut kasus corona ke daerah lain mengingat tradisi pulang kampung dilakukan masyarakat Indonesia jelang hari besar seperti Idul Fitri.

Jika mudik terus dilakukan tanpa mengindahkan kemungkinan terpapar corona, kata Menag, ada potensi akan menularkan kepada keluarga yang ditemui saat pulang ke kampung halaman.

“Sehingga, kalau kita mudik ke kampung, kita sama saja dengan membawa penyakit untuk ibu, bapak dan saudara kita di sana.

BeritaTerkait

Discussion about this post