Dakwa Tertunda Akibat Pandemi Corona, 190 WNA Mengungsi di Masjid Al Muttaqien

LIDIK.ID, JAKARTA – Sekitar 190 Warga Negara Asing (WNA) terpaksa menginap di Masjid Al Muttaqien, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Warga Negara Asing tersebut merupakan Jemaah Tabliq Akbar.

Ketua RT 024/RW 001, Suparjiono, menjelaskan, jemaah yang berada di masjid tersebut berasal dari berbagai negara seperti India, Bangladesh, Pakistan dan sebagainya. Kedatanganya ke Indonesia dalam rangka berdakwah dari masjid ke masjid.

Baca Lainnya

WNA tersebut sudah beberapa hari lalu mereka singgah sementara di Masjid Al Muttaqien. Hal tersebut diakibatkan karena program dakwah terhenti akibat virus Corona atau Covid-19 merajalela di Indonesia.

Suparjiono mengatakan bahwa jemaah Tabloq memiliki program selama setahun roadshow dari masjid ke masjid. Program ini dilakukan baik dari masjid di dalam maupun luar kota.

Akibat pandemi corona, beberapa tempat tak mengizinkan pertemuan dakwahdan membuat jemaah kemali ke Masjid Al Muttaqien.

Sebelumnya dinyatakan keseluruhan jemaah mulanya 266 orang. Sebanyak 24 jemaah di antaranya ke Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Kini, 190 jemaah masih tinggal di masjid.

Suparjiono menerangkan, jika para bukan sedang diisolasi. Melainkan terjebak akibat tidak bisa pulang. Hal ini sama seperti kondisi ini dengan jemaah warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berdakwah di sejumlah negara Asia.

Kendala tiket pesawat adalah salah satu faktor dari para pengungsi yang merupakan WNA ini.

 

BeritaTerkait

Discussion about this post