Dinkes Provinsi Berikan Fasilitas, Puluhan Jurnalis Media Lampung Lakukan Rapid Test

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, puluhan jurnalis melakukan rapid test pada Rabu, 6 Mei 2020. Rapid test ini di lakukan di Auditorium Dinkes Provinsi Lampung sejak pagi pukul 08:30 WIB hingga siang tadi.

Para jurnalis juga bersyukur dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh Dinas Kesehatan pada hari ini mengingat jurnalis dan wartawan merupakan garda terdepan sebagai penyampai informasi di tengah pandemi Corona. Saat jaga jarak dan dihimbau produktif di rumah, media menjadi sumber informasi perkembangan virus yang masih meneror tanah air.

Baca Lainnya

Pada hari ini, (6/5) dua tim LIDIK.ID melakukan rapid test bersama. Prosedur pemeriksaan sangat teratur, para jurnalis diminta untuk mengantri di kursi-kursi yang sudah diatur dan diberikan jarak aman.

Tak hanya itu, dipintu masuk juga sudah disiapkan petugas yang memeriksa suhu tubuh serta menyemprotkan hand sanitizer kepada teman media yang akan memasuki auditorium tempat pemeriksaan dilakukan. Tak lupa juga penggunaan masker, setiap orang yang berada di sana mengikuti himbauan pemerintah dan tenaga medis untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah.

Pelaksanaan juga sangat teratur dimana petugas akan memanggil para jurnalis secara bergantian sesuai dengan nomor urut pada absensi pendataan media. Pemeriksaan juga dibagi dua petugas hingga antrian tak perlu menunggu lama. Seusai pemeriksaan, Tim LIDIK.ID hanya perlu menunggu sekitar 1-2 menit untuk mengetahui hasil pemeriksaan.

Dari pelaksanaan rapid test hari ini, kedua Tim LIDIK.ID dinyatakan negatif corona (COVID-19).

“Alhamdulillah hasilnya negatif,” ujar Al, salah satu tim LIDIK.ID yang mengikuti rapid test saat itu. Ia juga bersyukur bahwa teman-teman media yang lain juga sehat dan tak terserang virus Corona Covid-19. Tes ini tentu sangat dibutuhkan karena para awak media terkadang harus pergi ke lapangan untuk mendapatkan informasi yang akan disampaikan oleh masyarakat.

Sempat dikabarkan bahwa salah satu teman jurnalis positif, namun setelah melakukan pemeriksaan ulang, ia dinyatakan negatif.

“Sudah saya test ulang dan hasilnya negatif,” ujar seorang petugas laki-laki pada LIDIK.ID saat ditanyakan konfrimasinya. Ia juga mengatakan mungkin efek stress atau kurang sehat.

 

 

BeritaTerkait

Discussion about this post