DPN Peradi Berikan Dukungan Kepada Pengacara David Sihombing

LIDIK.ID, Bandar Lampung – Dewan Pimpinan Nasional Peradi lewat Ketua Bidang Perlindungan Profesi Advokat Antoni Silo, S.H mendatangi Mapolda Lampung. Kamis (18/2).

Didampingi pengurus DPN Peradi yang lain serta Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Peradi Kota Bandar Lampung Rozali Umar, hadir di Polda Lampung dalam rangka memberikan dukungan moril kepada rekan mereka sesama advokat saudara David Sihombing yang ditahan Polresta Bandar Lampung.

Diketahui bahwa David Sihombing ditahan dikarenakan adanya Laporan Polisi Nomor: LP/B/202/I/2021/LPG/RESTA BALAM an. Najihun Hanifah ASN Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung yang menjabat Kepala TPR Terminal Kemiling dengan dugaan tindak pidana pasal 192 KUHP: Merintangi Jalan Umum.

Menurut Anton Silo, S.H sesuai dengan Undang-undang Nomor 18 tahun 2003 tentang advokat, bahwa advokat atau pengacara adalah sebuah profesi yang dilindungi oleh undang-undang dan di pasal 5 ayat 1 undang-undang tersebut pengacara merupakan salah satu unsur penegak hukum.

“sesuai dengan pasal 16 undang-undang 18/2003 bahwa seorang advokat tidak bisa dituntut secara perdata atau pidana dalam menjalankan tugasnya dengan iktikad baik dalam melaksanakan tugasnya membela klien dan pasal 18 bahwa advokat tidak bisa di identikan dengan kliennya” ujarnya

Selanjutnya DPN Peradi , hendak menyampaikan surat Permohonan Atensi atas Penahanan David Sihombing kepada Kapolda Lampung. Surat tersebut berisi memohon kepada bapak Kapolda agar memberikan Atensi perihal penangkapan pengacara David Sihombing.

Bahwa dalam menjalankan tugas jika memang diduga melanggar maka sudah seharusnya kepolisian memberikan surat penangkapan penahanan tersebut kepada DPC Peradi setempat,  tempat dimana pengacara bernaung, lalu Peradi akan memeriksa secara internal, selanjutnya melanjutkan kembali ke kepolisian jika memang pelanggaran yang dilakukan adalah pelanggaran hukum.

“Kami tidak akan masuk kepada subsatansi kasus mengapa rekan kami ditangkap, kami fokus kepada cara penangkapan saudara kami David Sihombing yang keliru” Pungkasnya.

 

(RDH)

Discussion about this post