Erick Thohir Usulkan Toilet SPBU Gratis, Begini Tanggapan Pertamina

LIDIK.ID , Jakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melalui unggahan di Instagram pribadinya, mengusulkan agar fasilitas toilet di SPBU tidak berbayar alias gratis. Selasa, (23/11).

Hal itu diungkapkan oleh Erick dalam sebuah unggahan video, yang memperlihatkan dirinya sedang berbincang dengan seorang penjaga toilet di SPBU.

Penjaga toilet mengatakan untuk buang air kecil, masyarakat harus membayar Rp 2.000 sedangkan Rp 4.000 untuk mandi.

“Kalau yang mau pakai bayar Rp 2.000 kalau kencing dan mandi Rp 4.000. Kenapa gak gratis? kan ini fasilitas umum,” ujar Erick dalam video yang diunggahnya pada Senin (22/11) kemarin.

Diakui oleh penjaga, ia tidak tahu soal alasan pemungutan biaya tersebut, karena hanya ditugaskan untuk menjaga toilet oleh pengelola SPBU.

Dari temuan itu, Erick mengimbau agar direksi Pertamina dapat menggratiskan fasilitas toilet di seluruh jaringan SPBU Pertamina.

“Kepada direksi Pertamina, saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” kata Erick.

Peraturan ini juga semestinya, kata Erick berlaku pada seluruh SPBU Pertamina, termasuk yang dikelola oleh swasta.

“Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading Pertamina Irto Ginting mengatakan pihaknya akan menggratiskan toilet di SPBU perusahaan.

Untuk merealisasikannya, pemilik SPBU akan diimbau untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat, termasuk menggratiskan toilet dan memperhatikan kebersihannya.

Irto juga memastikan toilet merupakan bentuk layanan di SPBU Pertamina.

“Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan lembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat, tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratia dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” kata Irto, dikutip dari CNN. Selasa, (23/11).

(MYG)

Discussion about this post