Gelombang Kedua Program Kartu Prakerja dibuka Hari Ini

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 200.000 dinyatakan lolos peserta program Kartu Pakerja. Pengumuman diberikan melalui pesan singkat elektrik (SMS) secara berkala, mulai dari Sabtu (18/4) hingga Senin (20/4) pukul 10:00 WIB. Bagi peserta yang lolos bisa langsung mengikuti pelatihan yang disediakan.

Dengan mengikuti pelatihan, peserta akan mendapat sertifikasi elektronik. Lalu, peserta yang lolos untuk mendapatkan manfaat Kartu Prakerja senilai Rp 3,55 juta.

Insentif akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo atau GoPay milik peserta. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.

Bagi peserta yang tidak lolos tahap pertama, dapat mengikuti program Kartu Prakerja di gelombang kedua. Pendaftaran program kartu prakerja gelombang 2 pada hari ini, Senin (20/4). Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan akan ditutup pada Kamis, 23 April, pukul 16.00 WIB.

“Gelombang 2 dibuka sejak Senin 20 April pukul 08.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April, pukul 16.00 WIB,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis.

Serupa dengan pada gelombang I, seluruh proses pendaftaran dilakukan melalui laman https://www.prakerja.go.id/.

Pada gelombang kedua ini,  peserta yang telah mendaftar saat gelombang pertama tidak perlu daftar ulang dari awal. Airlangga bilang, mereka akan menerima email berisi situs peladen (link) untuk mengikuti gelombang kedua, begitupun seterusnya.

Pemerintah juga tidak mengubah persyaratan, semua masih sama seperti syarat gelombang pertama.

Untuk peserta yang lolos verifikasi data, maka calon peserta akan mengikuti tahap berikutnya, yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar.

Bagi peserta yang berhasil melewati tes itu, maka dapat memilih pelatihan yang disediakan oleh delapan mitra platform digital.

Discussion about this post