Gunakan Nopol RFS, Rachel Vennya akan Diperiksa Kembali oleh Polisi

LIDIK.ID , Jakarta – Rachel Vennya akan kembali menjalani pemeriksaan lantaran tertangkap menggunakan mobil dengan bernomor polisi RFS atau plat khusus pejabat negara. Sabtu, (23/10).

Usai pemeriksaannya di Polda Metro Jaya, Kamis (21/10) terkait kasus kaburnya dari karantina, Rachel terlihat menaiki sebuah mobil Alphard Villfire berwarna hitam dengan No.Pol B 139 RFS.

Nomor plat mobil selebgram itu menjadi sorotan, lantaran dalam peraturan kepolisian mengenai TKNB Rahasia dan Khusus melalui Peraturan Kapolri Nomor 3 tahun 2012 tentang Rekomendasi STNK dan TNKB (pelat motor) khusus dan rahasia bagi kendaraan bermotor dinar, No.Pol RFS hanya diperuntukan untuk pejabat negara bukan warga sipil biasa.

Pada TKNB Rahasia terdapat nomor registrasi, huruf serta seri tertentu yang ditentukan masing-masing Polda dengan isi kode wilayah dan masa berlaku kendaraan yang digunakan oleh petugas intelijen atau penyidik Polri.

Sedangkan TNKB Khusus, ada pada nomor yang diterbitkan oleh Polri dan berisi kode wilayah, hingga masa berlaku kendaraan yang terpasang di Kendaraan Bermotor Dinas yang digunakan pejabat pemerintah.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan pihaknya telah menelusuri plat kendaraan Rachel.

Berdasarkan database Ditlantas Polda Metro Jaya, mobil Alphard Vellfire dengan No.Pol B 139 RFS benar milik Rachel.

“Jadi kalau dari database ranmor yang ada di kita B 139 RFS itu memang betul punya Rachel Vennya. Itu bukan nomor khusus, itu nomor biasa karena itu 3 angka,” ujar Sambodo dalam keterangannya. Jum’at, (22/10).

Namun, dalam database itu juga mobil milik Rachel harusnya berwarna putih bukan hitam seperti yang terlihat di Polda Metro Jaya.

“Cuma di data kita mobil itu berwarna putih. Sementara dari hasil fakta dan tangkapan teman-teman mobil yang digunakan itu berwarna hitam,” lanjut Sambodo.

Dengan itu, polisi akan kembali memeriksa Rachel Vennya setelah pemeriksaan terkait kaburnya selebgram itu dari Wisma Atlit Pademangan rampung.

Sambodo juga tidak menutup kemungkinan pihaknya akan mendatangi rumah Rachel untuk memastikan penggunaan plat RFS tersebut.

“Apakah dia melanggar Pasal 280 Undang-Undang Lalu Lintas juncto Pasal 68? Artinya tidak menggunakan TNKB yang sah. Atau misalnya memang pelanggaran 288 tidak bisa ditunjukan STNK,” pungkasnya.

(MYG)

Discussion about this post