Hari Pancasila, Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Ikuti Upacara Vitual Bersama Presiden

Hari Lahir Pancasila

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Waktu telah berganti menjadi 1 Juni 2020, dimana tanggal 1 Juni merupakan hari lahirnya pancasila. Dalam hari besar rakyat Indonesia ini, Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim. Keduanya mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2020 melalui video telekonferensi, di Ruang Command Center Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Senin, 1 Juni 2020.

Pelaksanaan upacara virtual atau online itu dilakukan di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Bahkan upacara ikut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin serta para Menteri dan Kepala Daerah. Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidatonya mengajak seluruh elemen bangsa memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan.

Upacara Hari Lahir Pancasila Bersama Presiden Indonesia, Jokowi

Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 ini sendiri yakni “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju“. Tentu juga ada pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Ada pula Ketua DPR Puan Maharani sebagai pembaca teks Undang-Undang Dasar 1945. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim bersama jajaran menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 melalui video conference, di Ruang Command Center Diskominfotek Provinsi Lampung, Senin1 Juni 2020. Dok ADPIM

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila harus diisi dengan semangat dan rasa kebersamaan meski di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu ia juga meminta Pemerintah Provinsi Lampung harus mengaplikasikasikan momentum nasional untuk terus memberikan dedikasi dan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

“Meski dalam pandemi Covid-19, tidak mengurangi makna dalam memperingati Hari Lahir Pancasila. Kita harus isi dengan semangat, rasa persaudaraan terhadap sesama dan saling membantu satu sama lain,” kata Gubernur Arinal.

Sementara Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim (Nunik), mengatakan Hari Lahir Pancasila bukan hanya peringatan yang diadakan secara formal, namun harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Hari Lahir Pancasila haruslah dijadikan momentum untuk bisa berbenah, mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian.

“Seperti mewujudkan nilai-nilai Pancasila pada penyelenggaran pemerintahan, dengan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga dengan mewujudkan keadilan sosial. Intinya nilai-nilai pancasila yang benar-benar kita lakukan dalam pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Discussion about this post