Kadinkes Lampung : Mulai dari Rapid Test Corona hingga Isolasi Sepenuhnya ditanggung Pemerintah

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Setelah beredarnya informasi berisikan paket rapid test dengan harga yang berbeda dari beberapa rumah sakit. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung, Reihana. Mengkonfrimasikan bahwa biaya pasien corona sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah.

“Biaya perawatan untuk pasien Covid-19 sepenuhnya ditanggung oleh pemerintahnya,” tukasnya dalam video pres yang diterima oleh LIDIK.ID pada Minggu 19 April 2020.

Pembiayaan ini dilakukan melalui aturan verifikasi yang ada pada BPJS. Mulai dari rapid test, swab test, hingga isolasi akan ditanggung oleh pemerintah. Oleh karena itu, paket yang beredar dibeberapa rumah sakit mengenai rapid test tidak boleh diberlakukan.

Reihana juga mengatakan bahwa pembiayaan ini untuk pasien yang memiliki diagnosa dengan kriteria masing-masing. Untuk Orang Dalam Pemantauan yang berusia 60 tahun ke atas dan juga memiliki penyakit penyerta yang memberatkan.

Sementara untuk Pasien Dalam Pemantauan dan Orang Tanpa Gejala yang berstatus Positif Corona sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah.

Penegasan ini diberitahukan agar masyarakat tidak bingung dan tertipu oleh kabar yang beredar. Selama ini pemerintah terus mengingatkan agar tidak menyebar kabar bohong atau yang belum diverifikasi oleh pemerintah maupun dinas kesehatan.

Tak hanya itu, untuk terus menjaga agar penyebaran virus corona tak meluas, pemerintah tetap memberlakukan jaga jarak dan tetap produktif dalam rumah.

Discussion about this post