Kadinkes Provinsi Lampung : Kita Bersiap-siap Untuk New Normal

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – New normal atau tataan kehidupan baru akan segera dilakukan di beberapa wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan agar rakyat Indonesia tetap dapat melakukan aktivitas, pemulihan ekonomi, dan memutuskan penyebaran Covid-19 secara bertahap. Pelaksanaan ini memiliki syarat dari WHO dan tahapan dari pemerintah.

Semua wilayah di Indonesia tentu diharapkan akan bisa mengikuti masa New Normal ini dengan kerjasama setiap individu yang berada di dalamnya. Begitu juga Provinsi Lampung. Dalam video persnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, mengatakan bahwa masyarakat Lampung harus bersiap untuk New Normal.

Baca Lainnya

“Pandemik kapan berakhir kita tidak pernah tahu, tetapi kehidupan harus terus berjalan. Kita bersiap-siap menjalankan suatu keadaan New Normal, keadaan ini nanti lifestyle kita harus berubah,” ujar Reihana, Jumat, 29, Mei, 2020. Hal ini ia ungkapkan pada video persnya yang diterima LIDIK.ID.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya bersama pemerintah provinsi telah melakukan kajian epidemiologi untuk menentukan wilayah yang terlebih dahulu akan uji coba New Normal. Kasian-kajian epidemiologi tersebut, atas dasar melihat dari jumlah penduduk dan kesiapan rumah sakit maka pihaknya dapat mengusulkan wilayah yang dapat uji coba menjalankan New Normal.

“Melihat jumlah penduduk dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, serta beberapa hal lain, mungkin jika akan uji coba New Normal di wilayah Lampung adalah kabupaten Pringsewu dan kota Metro,” jelas Reihana.

Reihana mengatakan berdasarkan kajian epidemiologi wilayah yang layak untuk uji coba tataan kehidupan baru adalah Prinsewu dan Kota Metro. Meski dua kabupaten dengan zona hijau dan belum terdapat kasus terkonfirmasi positif adalah Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Lampung Timur.

Selain itu, Reihana mengatakan bahwa masyarakat harus mulai terbiasa menggunakan masker dan menjaga kebersihan serta kesehatan. Sering-sering mencuci tangan dan terus menjaga jarak minimal satu mener saat berinteraksi dengan orang di luar rumah.

“Dalam New Normal mungkin kita yang tidak terbiasa dengan masker harus selalu menggunakan masker. Sering mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial dan fisik yang aman,” himbaunya.

BeritaTerkait

Discussion about this post