Kelak Usai Corona, Apakah Kehidupan Kembali Normal Seperti Sedia Kala?

LIDIK.ID, JAKARTA – Tak ada penekanan kasus yang menetap meski hanya sehari. Kasus positif virus corona (COVID-19) di Indonesia justru terus bertambah setiap hari. Kepastian kapan berakhirnya wabah tersebut pun belum bisa ditentukan. Meski beberapa daerah mengalami penurunan maupun tak memiliki kasus baru, namun wilayah lain tetap menyumbang penambahan kasus.

Pemerintah mengungkap pandemi COVID-19 akan terus berlangsung sampai vaksin corona ditemukan. Jika sudah ditemukan, maka Indonesia akan aman dari permasalahan COVID-19.

“Kapan waktu PSBB ini akan berakhir, Bapak Menko Perekonomian tadi telah mengingatkan kami semua, bahwa sebelum ada vaksin maka kita belum akan aman dari masalah COVID-19 ini,” kata Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, dalam konferensi pers di kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI, Senin 4 Mei 2020.

Bahkan Doni juga mengatakan butuh waktu yang lama untuk Tanah Air kembali pulih seperti sedia kala. Namun, meski situasi kehidupan, budaya hidup akan berubah. Tidak seperti masa sebelum pandemi.

Masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang diatur selama pandemi, seperti cuci tangan hingga menjaga jarak. Bahkan WHO mengatakan bahwa masyarakat masih harus menggunakan masker untuk satu tahun ke depan setelah Corona sebagai antisipasi virus yang mungkin masih ada.

Dikesempatan yang sama, Doni juga mengungkapkan budaya yang selama ini diterapkan di tengah pandemi Corona masih harus dilakukan usai virus ini dinyatakan berakhir.

“Kalau toh kita normal, dalam arti kata normal dengan gaya baru, dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan juga mencuci tangan, dan kegiatan keluar rumah pun dilakukan kalau memang penting sekali,” sambung Doni.

Untuk saat ini, Doni menekankan pentingnya mengubah perilaku dan menaati peraturan dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dengan begitu, laju penyebaran virus Corona di Indonesia dapat ditekan.

Doni juga mengatakan bahwa kebijakan yang berlaku harus dilakukan secara rutin dan terus-menerus. Dengan menggunakan masker, menjaga jarak, cuci tangan dan ini tidak cukup hanya dilakukan dan disampaikan hanya sekali. Pengingat ini sangat perlu disampaikan berulang kali setiap saat.

Kerja sama masyarakat sangat dibutuhkan untuk menekan dan memutuskan rantai penyebaran virus Covid-19 untuk diri sendiri dan orang-orang tersayang.

Hingga berita ini ditayangkan, Indonesia memiliki 11.587 kasus positif Corona dengan rincian 8.679 dalam perawatan, 1.954 dinyatakan sembuh, sementara 864  meninggal dunia.

Discussion about this post