Kementrian BUMN Akan Datangan PCR ke Provinsi Lampung Pada Akhir April

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Kabar baik untuk provinsi Lampung bahwa Kementrian BUMN akan mengirimkan satu PCR untuk membantu tenaga medis Lampung dalam pemeriksaan tes COVID-19. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Lampung, Reihana, mengatakan PCR akan tiba pada akhir bulan April.

“Sekitar 29 atau 30 April, persiapan saat ini tentu kita lagi mempersiapkan laboraturium kesehatan daerah sesui dengan syarat-syarat yang harus ada saat PCR datang,” ungkap Reihana dalam video persnya pada Senin 20 April 2020.

Baca Lainnya

Salah satu syaratnya adalah ruangan bertekanan negatif. Dinas Kesehatan dan Pemerintah Lampung sangat bersyukur karena dengan adanya PCR maka masyarakat tak perlu menunggu hasil tes terlalu lama.

Selain itu Dinas Kesehatan juga mempersiapkan untuk Ekstraksi RNA. Reihana mengatakan bahwa Lampung sudah memiliki BSC (Biosafety Cabine).

“Alhamdulillah laboraturium daerah kita sudah memiliki 3 unit BSC,” ujar Reihana.

Reihana menjelaskan bahwa BSC atau biosafety cabine adalah alat yang digunakan untuk kabinet-kabinet saat pengambilan swab test hingga kabinet akan terhindar dari penularan virus saat pengambilan swab test yang ada.

BeritaTerkait

Discussion about this post