Kemunculan Kim Jong Un Muncul Pertama Kali Sejak dikabarkan Meninggal Dunia

LIDIK.ID, PYONGYANG – Isu yang sempat menggemparkan dunia yang menyatakan orang nomor satu di Korea Utara akhirnya benar-benar terpatahkan. Dalam kabarnya, Korean Central News Agency (KCNA) melaporkan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, tampak hadir dalam pembukaan pabrik pupuk dan melakukan pemotongan pita.

Kemunculan pemimpin Korea Utara ini akhirnya terlihat sejak hampir 3 pekan absen dari publik.

Tak hanya itu, orang-orang di pabrik tersebut juga dikabarkan sangat gembira menyambut kehadiran pemimpin tertinggi tersebut. Dikutip dari BBC, kemunculan Kim Jong Un dikabarkan setelah terakhir dia tampak pada 12 April lalu dan dispekulasikan telah meninggal dunia karena kesehatannya.

Dalam event tersebut, “semua peserta bersorak-sorai ‘hore!’ ketika Kim muncul,” demikian dilaporkan KCNA seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu, 2 Mei 2020.

KCNA yang merupakan singkatan dari Korean Central News Agency. ((Kantor Berita Pusat Korea / Layanan Berita Korea via AP))

Meski begitu, laporan terakhir dari media Korut ini masih belum bisa dikonfirmasi secara independen.  Media itu juga merilis beberapa foto yang menunjukkan Kim sedang memotong pita di luar pabrik. Semua ini diduga terkait kasus pandemi Corona (Covid-19) yang masih mewabah di dunia bahkan Korea Utara sendiri.

Dilaporkan KCNA, Kim menginspeksi pabrik tersebut dan dijelaskan mengenai proses produksi.

“Kim mengatakan dengan emosi mendalam bahwa kakeknya Kim Il Sung dan ayahnya Kim Jong Il akan sangat senang jika mereka mendengar berita bahwa pabrik pupuk fosfat modern telah dibangun,” lapor KCNA.

Dalam acara tersebut yang mendampingi Kim Jong Un  adalah saudara perempuannya Kim Yo-jong, Wakil Ketua Komite Pusat Partai Buruh Korea (WKP) Pak Pong-ju, Perdana Menteri Kim Jae-ryong dan pejabat senior lainnya. Keterangan ini menurut KCNA.

Kemunculan Kim Kong Un menjawab pertanyaan dari banyaknya masyarakat dunia mengenai desas-desus kematiannya. Diketahui pula bahwa ini bukanlah pertama kalinya Kim Jong Un menghilang.

Bahkan Presiden Korea Utara ini pernah tidak muncul di publik selama 40 hari pada September 2014 setelah menghadiri konser. Beliau muncul kembali pada pertengahan Oktober menggunakan tongkat.

Media pemerintah Korut tidak pernah menjelaskan di mana dia berada. Namun, ada kabar Kim Jong Un mungkin menjalani operasi di pergelangan kaki kirinya yang terkena kista. Hal ini merupakan kemungkinan dari badan intelijen Korea Selatan.

Discussion about this post