Kim Jong Un dikabarkan Meninggal Dunia, Ini Kebenarannya

LIDIK.ID, PYONGGANG – Beberapa waktu akhir, kabar kepergian Kim Jong Un terus beredar setelah menjalani perawatan medis. Isu tentang orang nomor satu di Korea Utara itu menyebar di seluruh media dunia.

Rumor tersebut muncul pertama kali muncul pada 15 April 2020. Presiden Kim Jong Un dikabarkan kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular. Media Daily NK bahkan mengabarkan kalau operasi tersebut dilakukan pada 12 April.

Baca Lainnya

Dilanjutkan lagi oleh sebuah jaringan broadcast dari Hong Kong mengklaim pada Sabtu (25/4/2020), bahwa Kim Jong Un telah meninggal dunia. Media itu merujuk pada sebuah laporan dari sumber paling valid tanpa nama.

Spekulasi mulai muncul setelah Kim tidak menghadiri acara perayaan ulang tahun sang ayah Kim Jong Il dan kakek Kim Il Sung pada 15 April lalu, yang juga menjadi hari libur nasional di Korea Utara.

Dalam kenyataanya, Kim Jong Un dalam acara tersebut memiliki alasan tersendiri, tidak seperti yang banyak dirumorkan. Menurut sebuah laporan, saat itu Kim sedang menerima perawatan medis setelah menjalani prosedur kardiovaskular (jantung).

Menurut laporan CNN Monday pada Senin (20/4/2020) pernyataan sumber internal AS tersebut terkait kondisi kesehatan Kim yang kritis adalah kredibel. Namun, sejauh apa tingkat keparahannya masih belum diketahui. Mendengar kabar tersebut, Korea Selatan membantah hal tersebut, mengatakan bahwa Kim masih “hidup dan sehat”.

“Posisi pemerintah kita tegas,” ujar Moon Chung-in, penasihat kebijakan luar negeri utama Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, kepada CNN Internasional, dikutip Senin (27/4/2020).

“Kim Jong Un masih hidup dan sehat. Dia telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April. Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi.”

Salah satu rumor terbaru disampaikan oleh sumber dari China kepada media Korea Selatan JoongAng Ilbo, dikutip Daily Mirror Minggu (26/4/2020).

Sumber itu mengungkapkan, Kim terpaksa tidak menghadiri perayaan ulang tahun sang kakek karena salah satu penjaganya diduga terpapar virus corona.

Meski berlomba-lomba mendapatkan informasi. Sejauh ini media masih sulit untuk memverifikasi laporan yang didapat dari seseorang di Korut. Berita mengenai kesehatan pemimpin Korut adalah salah satu rahasia negara yang paling dijaga ketat. Hal ini biasanya hanya diketahui oleh segelintir orang di lingkaran dalam kepemimpinan.

Dan seperti apa yang dikatakan oleh pihak Korea Selatan bahwa Kim Jong Un dalam keadaan sehat dan masih hidup.

Dilaporkan juga bahwa pergerakan mobil dan orang-orang dekat Kim Jong-Un juga terpantau. Pejabat AS ini diduga mendasarkan laporannya dari analisis radar dan gambar yang diambil pesawat-pesawat pengintai.

“Karena beberapa ajudan Kim dan para pejabat tinggi terinfeksi COVID-19, Kim tampaknya telah meninggalkan Pyongyang, yang memiliki kepadatan penduduk tinggi, sebagai langkah pencegahan,” sebut sumber pejabat AS itu soal alasan mengapa Kim Jong-Un tak muncul ke publik sejak 11 April lalu.

 

BeritaTerkait

Discussion about this post