Mahasiswa Tetap Berada di Rumah, Kampung Baru Sepi Seperti Kota Mati

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Covid-19 yang masih melanda wilayah Bandar Lampung membuat mahasiswa ikut melakukan aktifitasnya di rumah. Situasi ini membuat suasana dan keadaan perkampungan Mahasiswa di Kelurahan Kampung Baru, Bandar Lampung terlihat seperti kota mati. Berbeda dengan hari-hari biasanya sebelum pandemi, tempat ini akan terlihat ramai oleh Mahasiswa dan pedagang yang berjualan.

Dari pantauan LIDIK.ID, daerah ini merupakan lokasi kos ribuan Mahasiswa yang biasanya berlalu-lalang keluar-masuk kosan, dan mencari makanan. Namun kini warung-warung makan yang biasanya untuk mahasiswa mengisi perut terlihat tutup.

Kondisi ini tentu disebabkan oleh virus Corona (Covid-19). Dalam wawancara penjaga tempat kos di daerah kampung baru, Dimas, mengatakan warung-warung menjadi sepi semenjak kebijakan Covid-19.

“Adanya virus covid -19 ini, tempat kosan saya menjadi sepi tak berpenghuni dan warung-warung makan pada tutup. Kalau ada penghuni kosan ini yang hendak kesini,” ujarnya.

Meski begitu ia sebagai penjaga kos tetap melakukan protokol kesehatan untuk para penghuni kos.

“Saya sebagai penjaga kosan melakukan hal-hal yang membantu mencegah penyebaran virus corona ini seperti menyediakan hand sanitizer di tempat yang saya sudah sediakan, menyediakan sabun cuci tangan sebelum penghuni kos masuk ke dalam gedung kos,” jelas Dimas.

Pada saat ini, wabah virus Corona atau nama Covid-19 ini menghantam hampir semua lini bidang usaha, baik perhotelan, pariwisata bahkan tempat-tempat kosan.

“Kalau dampak yang ditimbulkan sejauh ini pasti ada, tapi Alhamdulillah tidak berpengaruh besar,” kata Dimas pada LIDIK.ID, 1 Juni 2020.

Discussion about this post