Masyarakat Papua Gelar Aksi Anti Rasisme

Baca Lainnya

Sejumlah elemen masyarakat Papua turun ke jalan menggelar aksi untuk menentang rasisme ,(26/8/2019). Aksi ini merespons kasus tindakan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.
..
Aksi hari ini diadakan di Kabupaten Paniai, Kabupaten Deiyai, dan Kabupaten Dogiayai. Aktivis hak asasi manusia (HAM) asal Papua, Jones Douw mengklaim rata-rata jumlah massa yang mengikuti aksi di tiga kabupaten itu sekitar 30 ribu orang.
..
Menurut informasi yang berhasil lidik.id himpun. Massa aksi yang tergabung dalam Solidaritas Masyarakat Anti-rasisme juga menuntut referendum Papua. Mereka mengibarkan bendera Bintang Kejora di pusat keramaian, termasuk terminal.
..
“Masyarakat minta referendum atau perundingan. Rasisme tidak bisa habis kalau bangsa Papua ada di dalam negara ini, rasisme tetap akan ada terus. Itu teriakan dari masyarakat di tiga kabupaten,” ujar Aktivis hak asasi manusia (HAM) asal Papua, Jones Douw.
..
Mereka mengecam tindakan rasial terhadap orang Papua. Hal ini terkait video viral yang merekam beberapa orang berseragam loreng dan lainnya pakaian bebas sedang marah. Dalam video itu, oknum aparat dan anggota ormas memaki dengan sebutan binatang kepada orang yang berada di dalam Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya, (16/08/2019). (Red)

BeritaTerkait

Discussion about this post