Masyarakat Wajib Test PCR Jika Ingin Pergi Keluar Daerah Lintas Provinsi

LIDIK.ID, JAKARTA – Pemerintah kembali mengizinkan masyarakat untuk berpergian ke luar daerah. Terlebih lagi, larangan mudik telah selesai diberlakukan pemerintah, sesuai dengan selesainya pelaksanaan Permenhub 25 tahun 2020, per-7 Juni 2020 yang lalu.

Akan tetapi ada syarat ketat yang mesti dipenuhi apabila mau ke luar daerah. Hal itu diatur dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Covid-19 nomor 7 tahun 2020. Sesuai SE Gugus Tugas Penanganan Covid-19, masyarakat yang mau berpergian ke luar daerah dengan transportasi umum diwajibkan memiliki hasil tes PCR yang negatif. Ataupun dalam arti memiliki surat uji rapid test dengan hasil non reaktif Corona (Covid-19).

Dalam SE dijelaskan, masa aktif hasil tes PCR adalah 7 hari. Sementara untuk surat uji rapid test hanya berlaku 3 hari. Masyarakat juga diwajibkan memiliki surat keterangan bebas gejala penyakit seperti influenza (influenza-like illnes) yang bisa didapatkan dari dokter rumah sakit ataupun Puskesmas. Semua aturan tersebut hanya berlaku bagi masyarakat yang mau berpergian ke luar daerah lintas provinsi. Hal ini berlaku juga untuk masyarakat yang hendak mudik.

Discussion about this post