Nasional! New Normal, Indonesia Pecahkan Rekor Baru Pasien Positif Covid-19

LIDIK.ID, JAKARTA – Memasuki era New Normal atau tataan kehidupan era baru untuk berperang melawan Covid-19 mulai berlangsung 7 Juni 2020 lalu. Kebijakan ini mulai berlaku di beberapa daerah di Indonesia. Namun, baru beberapa hari berjalan, kasus Covid-19 memecahkan rekor baru nasional.

Dalam 24 jam terakhir, terdapat penambahan kasus positif sebanyak 1.241 orang. Penambahan ini mengakibatkan jumlah kasus yang terkonfirmasi positif mencapai 34.316 orang. Data itu mulai dari Rabu, 10 Juni 2020 hingga berita ini ditayangkan. Ini merupakan rekor baru tanah air.

Baca Lainnya

Dalam kasus ini, pemerintah masih terus menyiapkan fase New Normal di tengah tingginya penambahan kasus positif. Presiden Joko Widodo pun mengingatkan bahwa penanganan penyakit ini belum berakhir.

“Saya ingatkan bahwa tugas besar kita belum berakhir. Ancaman Covid masih ada, kondisi masih dinamis,” kata Jokowi dalam video conference dari Kantor Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Rabu, 10 Juni 2020.

Presiden mengingatkan kepada jajarannya bahwa saat ini ada daerah yang kasus barunya menurun. Namun, ada juga daerah yang kasus barunya meningkat.

“Dan perlu saya ingatkan, jangan sampai terjadi gelombang kedua, second wave,” lanjut Jokowi.

Jokowi menambahkan, protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 harus terus dilakukan sampai vaksin ditemukan dan diproduksi secara massal. Selain itu, sang Presiden meminta rakyat Indonesia untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan pada masa Pandemi ini.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan, penambahan kasus terbesar terdapat di Jawa Timur sebanyak 273 pasien. Bahkan daerah ini disebut sebagai zona hitam.

Urutan kedua oleh DKI Jakarta sebanyak 157 pasien dan Jawa Tengah sebanyak 139 orang. Data pemerintah juga menunjukkan bahwa terdapat penambahan 715 pasien yang telah dinyatakan sembuh. Sehingga, akumulasi pasien sembuh menjadi 12.129 orang. Sedangkan, penambahan pasien meninggal dunia sebanyak 36 orang, yang membuat akumulasinya menjadi 1.959 orang.

BeritaTerkait

Discussion about this post