Nekat Mudik, Rapid Test Menunjukan Positif Corona pada Seluruh Penumpang Travel

LIDIK.ID, JAKARTA – Larangan mudik telah ditetapkan oleh Pemerintah pusat dan berlaku sejak 24 April 2020. Masyarakat sangat diminta untuk menaati kebijakan yang diumumkan demi memutuskan mata rantai Covid-19. Namun, 8 pemudik ini nekatmelakukan perjalanan dari Jakarta-Cilacap.

Para pemudik itu merupakan warga Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Setibanya pun seluruh penumpang travel tersebut diwajibkan jalani serangkaian tes kesehatan.⁣

“Seusai jalani protokol kesehatan, hasil rapid test delapan penumpang yang baru mudik dari Jakarta dengan menggunakan travel positif Virus Corona,” ujar dr. Pramesti Griana Dewi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap.⁣

Rapid test menunjukan bahwa kedelapan pemudik itu positif Covid-19. Selain itu, para pemudik dari Jakarta ini  berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Hasil rapid tes delapan penumpang yang baru mudik dari Jakarta dengan menggunakan travel positif Covid 19,” kata dr Pramesti Griana Dewi.

Namun, rapid test belum bisa dijadikan kepastian seratus persen pasien itu terpapar corona atau tidak. Menurut Pramesti, para pemudik masih harus menunggu hasil test swab untuk benar-benar memastikan apakah delapan pemudik dalam satu travel itu positif corona atau tidak.

Sembari menunggu shasil swab, kedelapan pemudik itu kini tengah melakukan isolasi mandiri.Isolasi itu akan diawasi Pengawasan dilakukan oleh Satgas Desa dan juga Puskesmas. Sementara swab test telah dikirimkan ke laboratorium di Yogyakarta.

Menurut dr. Pramesti para penumpang travel tersebut terpapar bersama salah satu penumpang travel yang sama dari dari Jakarta yang saudaranya terlebih dahulu dinyatakan positif Virus Corona. ⁣

Terkait insiden tersebut, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pun menyinggung delapan pemudik tersebut yang nekat sembunyi-sembunyi agar bisa masuk Jawa Tengah meski sudah ada larangan mudik.⁣

Ganjar pun meminta jika memang ada kondisi mendesak harus pulang ke tempat asal maka wajib mengurus izin ke pemerintahan. Dia memastikan Pemda setempat bisa lebih mengambil langkah bijaksana.

Diketahui sebelumnya bahwa Jawa Tengah emang menjadi salah satu wilayah terbanyak yang dikunjungi pemudik dari Jakarta.

Discussion about this post