New Normal, Ini Syarat Masyarakat Untuk Bisa Melakukan Perjalanan

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Memasuki era tatanan kehidupan baru atau New Normal, Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Dinas Perhubungan mempermudah persyaratan bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan keluar provinsi. Meski begitu, persyaratan dan protokol kesehatan pencegahan pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) tetap harus dipenuhi.

Kepala Dinas Perhubungan Lampung, Bambang Sumbogo mengatakan setelah ada Surat Edaran Nomor: 7 Tahun 2020 dari gugus tugas persyaratan lebih enteng, yakni ada KTP, surat bebas rapid test PCR atau surat keterangan kesehatan dari puskesmas, tidak influenza, dan meng-upload di Peduli Lindungi. Dia membandingkan dengan DKI Jakarta yang masih memberlakukan SKIM dan masih melakukan kajian.

Baca Lainnya

“Kami di sini di Bakauheni menyesuaikan, lebih ke arah protokoler kesehatan. Cuma sekarang agak lebih ringan, pendekatan tidak terlalu ketat. Check point ditiadakan. Hanya di simpul-simpul karena sudah tidak ada arus mudik,” katanya, Senin 7 Juni 2020 seperti yang dikutip lampungpost.

Sebelum itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat edaram tersebut mendapat tanda tangan Kepala BNPB. Ia selaku Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, 6 Juni 2020.

Untuk kriteria dan persyaratan setiap individu yan melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu pakai masker, menjaga jarak, dan cuci tangan sebagai kriteria perjalanan orang.

Kemudian setiap individu yang melaksanakan perjalanan dengan kendaraan pribadi bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dan setiap masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dengan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, dan udara harus memenuhi persyaratan, yaitu :

  1. Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang sah)
  2. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji rapid test. Dengan hasil nonreaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan
  3. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influensa (influenza-like illness) yang dikeluarkan dokter rumah sakit/puskesmas. Bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau rapid test.

Selanjutnya persyaratan perjalanan orang dalam negeri dikecualikan untuk perjalanan orang komuter dan perjalanan orang dalam wilayah/kawasan aglomerasi. Kemudian mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler yang dapat di-upload dari Appstore atau Playstore.

BeritaTerkait

Discussion about this post