New Normal, Lampung Belum Tetapkan Sekolah Tatap Muka

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Sebagai upaya melawan pandemi ini, pemerintah memberlakukan New Normal di beberapa daerah di Indonesia yang memenuhi syarat. New Normal yang berlaku secara bertahap ini membuat masyarakat dapat beraktifitas lebih leluasa dibanding sebelumnya. Begitu pula Provinsi Lampung. Namun dalam pembelajaran sekolah tatap muka, Lampung belum menetapkan waktu tersebut.

Bahkan hal ini belum ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).  Hal yang sama diungkapkan olehKepala Disdikbud Lampung, Sulpakar, Selasa, 16 Juni 2020.

Baca Lainnya

Dalam lansiran lampungpost, Sulpakar mengungkapkan, Disdikbu Lampung masih menunggu keputusan Kemendikbud perihal sekolah tatap muka. Sejauh ini pemerintah pusat belum memberikan petunjuk apa pun. Terkait pembelajaran, anak masih diminta untuk belajar di rumah.

“Meski sudah disampaikan tetapi ketetapan rekomendasi zona yang diperbolehkan kan belum,” ujarnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebelumnya telah memperbolehkan membuka belajar tatap muka bagi sekolah di zona hijau. Akan tetapi sejauh ini secara nasional hanya terdapat 85 kabupaten kota yang diperbolehkan membuka sekolah.

Kebijakan itu akan diterapkan secara bertahap dimulai untuk sekolah tingkat menengah. Kemudian dilanjutkan dengan sekolah dasar pada 2 bulan kedepan dan pendidikan anak baru boleh setelah 5 bulan penerapan kebijakan.

Meski begitu, Ikatan Dokter Anak Indonesia maupun Ikatan Guru Indonesia masih tak setuju jika sekolah ajaran baru ditetapkan pada tahun 2020. Menerut mereka, sekolah bisa menjadi kluster baru penyebaran virus Covid-19.  Ketua Umum DR.Dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon), mengatakan sekolah paling cepat dibuka setelah 2020 dengan syarat protokol kesehatan yang ketat. Jika tidak, ada kemungkinan bahwa satu juta anak Indonesia akan meninggal dunia.

BeritaTerkait

Discussion about this post