Otot Terkuat Dalam Tubuh? Cek Fakta Lidah Berikut Ini!

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Lidah merupakan kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah juga dikenal sebagai indra pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Tak hanya itu, lidah bahkan turut membantu dalam tindakan bicara. Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

Begitu pentingnya lidah dalam kehidupan dan tubuh kita. Selainyang sudah disebutkan tadi, lidah masih menyimpan fakta menarik yang jarang diketahui oleh masyarakat umum. Ingin tahu apa saja?

Baca Lainnya

Dilansir dari Live Science, LIDIK.ID akan merangkum fakta lidah manusia yang masih jarang diketahui orang untuk sobat lidikins!

 

 

1. Lidah memiliki 3 ribu lebih sel reseptor.

Terdapat sekitar 3 ribu lebih sel reseptor pada lidah orang dewasa. Jika sobat lidikins berpikir sel-sel itu merupakan bintik putih bercampur merah muda yang biasa terlihat pada permukaan lidah, pemikiran itu keliru.

Sel reseptor tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Bintik putih bercampur merah muda yang tampak terlihat itu disebut papillae yang menyimpan enam reseptor rasa di dalamnya.

2. Bentuk permukaan lidah yang unik.

Tak hanya sidik dari jari-jari yang terlihat sama namun memiliki pola yang berbeda pada setiap manusia, sobat! Begitupun dengan lidah, meski berbentuk dan memiliki warna yang cenderung mirip, namun lidah memiliki sifat seperti sidik jari. Lidah setiap orang berbeda-beda dan dapat menjadi identitas yang sulit dipalsukan.

3. Warna lidah menunjukkan kesehatan tubuh.

Kalau diperhatikan secara saksama, lidah memiliki warna yang beraneka ragam dan itu dapat menunjukkan kesehatan tubuh. Dilansir dari laman On Health, lidah berwarna merah cerah merupakan tanda defisiensi B12 atau demam berdarah.

Lidah dengan bintik-bintik putih bisa mengindikasikan infeksi ragi atau leukoplakia dan lidah berwarna kegelapan bisa mengartikan pertumbuhan bakteri berlebihan dan banyak terjadi pada penderita diabetes.

4. Ukuran lidah manusia.

Seperti yang dilansir oleh Live Science, ukuran lidah manusia biasanya bergantung pada jenis kelamin. Pada pria lidah bisa berukuran 8,5 cm dan wanita yang cenderung lebih kecil, yaitu sekitar 7,9 cm.

Namun, catatan Guinness Book of World Records pernah menemukan seorang pria bernama Nick Stoeberl dari California dengan panjang lidah mencapai 10,1 cm! Sementara, Chanel Tapper dari Los Angeles merupakan seorang perempuan dengan ukuran lidah terpanjang mencapai 9,75 cm! Panjang banget, ya, sobat lidikins?

5. Kiasan dalam menjulurkan lidah.

Jika di Indonesia, menjulurkan lidah mungkin menjadi perilaku guyonan atau tindakan mengejek orang lain. Namun, ternyata, setiap negara memiliki arti yang berbeda-beda saat menjulurkan lidah, sobat.

Di Tibet, menjulurkan lidah biasa dijadikan ucapan salam, sedangkan di Selandia Baru menjulurkan lidah merupakan sebuah bentuk ancaman di zaman perang untuk mengintimidasi lawan.

6. Bukan otot terkuat yang ada di tubuh manusia.

Sobat, jika kalian masih saja mendengar pernyataan tentang lidah adalah otot terkuat dari tubuh manusia, berarti sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbaiki pengetahuan kita!

Dikutip dari laman Scientific American, lidah bukan termasuk otot yang sama seperti biseps karena lidah terdiri dari beberapa otot yang menyatu dan memiliki kemiripan dengan tentakel gurita atau belalai gajah. Predikat otot terkuat di tubuh manusia dipegang oleh otot paha.

 

Nah, gimana sobat? Hari ini kita belajar hal unik tentang lidah. Besok tentang apa, ya? Jangan lewatkan edukasi lain yang akan diposting oleh LIDIK.ID, ya!

 

 

BeritaTerkait

Discussion about this post