Pandemi Covid-19, Jelang Hari Raya Mall Terlihat Ramai

LIDIK.ID, Bandar Lampung – Anjuran pemerintah mengenai Physical distancing atau tidak berkerumun di suatu tempat nampaknya tak diindahkan oleh sebagian masyarakat Bandar lampung. Terlihat dari salah satu pusat perbelanjaan di Kota tapis berseri yang semakin hari justru terlihat semaki ramai meski di tengah pandemi Covid-19.

Menurut pemantauan, masyarakat hanya mematuhi kebijakan pemerintah yang berlaku di awal pengumuan  kasus pasien pertama hingga satu minggu ke depan saja. Selebihnya, justru masyarakat sudah memberanikan diri untuk keluar rumah dan memadati jalanan kembali. Padahal, sejauh ini kasus pasien Covid-19 di Lampung sudah menjapai 66 kasus.

Baca Lainnya

Kepadatan kota ini dapat dilihat mulai dari sore hari hingga malam. Tak segan-segan, kini masyarakat berani memenuhi tempat perbelanjaan mendekati hari raya Idul Fitri 1441 H. Seperti halnya yang terjadi di pusat belanja Ramayana, Tanjung Karang, Lampung pada hari Sabtu, 16 Mei 2020. Bangunan itu dipenuhi oleh pembeli yang sebagian besar mempersiapkan kebutuhan hari raya.

Hal ini sungguh disayangkan mengingat virus yang tengah mewabah Tanah Air, termasuk Lampung sendiri, juga memiliki kasus Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sangat berbahaya. Hal demekian sebab orang tersebut tidak terlihat sakit. Ketidakpedulian masyarakat juga masih terlihat dari beberapa individu yang tak memakai masker saat berada di luar rumah.

Tak hanya di Mall, pusat belanja makanan atau perabotan juga terlihat berjalan dan ramai seperti biasanya. Dapat dikatakan bahwa faktor ekonomi juga membuat masyarakat mau tak mau melakukan kegiatan mereka di luar rumah.

Dalam kasus ini, diharapkan pemerintah dapat mengambil tindakan lebih tegas masyarakat agar masyarakat tidak meremehkan virus Corona (COVID-19) yang masih mewabah. Tak hanya itu, kerjasama masyarakat sangat dibutuhkan demi memutuskan rantai penyebaran Covid-19. Tanpa kerjasama ini, maka virus tersebut akan terus menyebar dan kehidupan normal akan semakin lama dirasakan.

BeritaTerkait

Discussion about this post