Pasien Positif COVID-19 Di Lampung Bertambah 11 Orang Dalam Sehari, Wilayah Belum Zona Merah

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Terjadinya kelonjkan kasus positif Covid-19 membuat masyarakat Lampung cukup cemas dan mempertanyakan keadaan status wilayah kini. Masyarakat khawatir bila Lampung akan berubah menjadi zona merah seperti kota-kota sekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lampung, Reihana, mengungkapkan dari 38 kasus konfirmasi positif corona tersebut, 23 orang saat ini masih ada di ruang perawatan atau isolasi, kemudian meninggal 5 orang, dan sembuh 10 orang.

Baca Lainnya

Meski begitu, Reihana mengatakan bahwa Lampung belum masuk kategori zona merah.

“Tidak atau belum dikatakan zona merah. Karena sampai saat ini (kasus konfirmasi positif di Lampung) belum mempunyai transmisi lokal,” jawab Reihana, dalam video pres conferfence yang diterima LIDIK.ID

“Status kita masih zona hijau, karena penyebaran dan penularan Covid-19 di Lampung, berasal dari daerah terjangkit,” pungkas Reihana.

Ia juga menjelaskan belum ada transmisi lokal yaitu dalam arti kasus pertama yang menderita covid-19 positif pasti ada hubungan dengan orang dari daerah terjangkit.
Reihana menyebutkan bahwa kasus semua berasal dari lima cluster atau daerah di Indonesia yang diklaim jadi sumber pandemiCOVID-19 ke Lampung.

Reihana memerinci, kelima cluster itu adalah:
1. Cluster Bogor 5 orang
2. Cluster Jakarta 18 orang
3. Cluster Bengkulu 5 orang
4. Cluster Gowa 9 orang
5. Cluster Yogyakarta 1 orang.

Selain itu untuk kebijakan PSBB, Reihana mengatakan bahwa kebijakan tersebut dapat dibicarakan dengan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung yaitu Bapak Gubernur Provinsi Lampung.

BeritaTerkait

Discussion about this post