Pemerintah Mengatakan Rata-rata Inkubasi Corona di RI 5-6 Hari

LIDIK.ID, Jakarta – Seperti informasi yang diterima dari pemerintah sebelumnya bahwa masa inkubasi penularan virus Corona (COVID-19) secara ilmiah paling lama selama 14 hari. Namun, juru bicara pemerintah terkait penanganan wabah Corona, Achmad Yurianto, mengatakan kasus di Indonesia rata-rata 5-6 hari. Pada hari, Jumat (10/4/2020). Dalam konferensi pers yang disiarkan live melalui akun YouTube BNPB.

“Beberapa hari lalu kita lakukan evaluasi terkait penambahan jumlah kasus baru, ada satu hal yang harus kita pahami bahwa COVID-19 ini punya masa inkubasi paling lama secara ilmiah 14 hari. Namun data yang kita miliki, bahwa rata-rata inkubasi yang terjadi di negara kita adalah pada kisaran antara 5-6 hari,” kata Yurianto.

Hal ini dalam artian kasus positif hari ini sebenarnya adalah kasus yang terinfeksi dan mempresentasikan apa yang terjadi pada 5-6 hari lalu.

Selain itu, ia juga menambahkan telah ada kesepakatan bersama untuk menghentikan penyebaran virus ini. Di antaranya melaksanakan physical distancing yang selalu dihimbau dan dingatkan kepaa seluruh masyarakat.

“Dalam implementasinya diwujudkan dalam bentuk tetap tinggal, bekerja, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah tidak sepenuhnya dilaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, penularan di luar masih saja terus terjadi,” ucapnya.

Diketahui, beberapa kasus Virus Corana menurun di beberapa negara kara diterapkannya physical distancing dari semua pihak.

Dalam hal ini, sebagai memperkuat physical distancing, pemerintah memberikan kesempatan kepada semua pemda untuk mengajukan PSBB secara berjenjang dan terstruktur. Hingga sekarang, seluruh masyarakat diminta untuk terus menerapkan physical distancing hingga terputusnya rantai penyebaran Virus Corona.

Hingga kini, sudah ada 3.512 kasus virus corona di Indonesia dengan rincian, 2924 dirawat, 306 pasien meningga, dan 282 dinyatakan sembuh.

Discussion about this post