Pemerintah Sudah Siapkan Anggaran Lockdown Jika Memang Dilakukan

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pemerintah telah menyiapkan anggaran apabila skenario lockdown dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

“Pasti disiapkan (anggarannya), jika BNPB memutuskan isolasi,” tegas Sri Mulyani dalam konferensi pers melalui video konferensi, dikutip LIDIK.ID dari Kompas Rabu (18/3/2020).

Baca Lainnya

Namun demikian, pemerintah hingga kini masih memutar otak untuk kesediaan sumber daya manusia dalam kaitannya dengan distribusi bahan logistik jika terjadi lockdown.

“Kita posisinya terus mendukung jangan sampai kekurangan resources. Masalahnya bukan uang tapi SDM untuk logistic delivery, bagaimana menyampaikan kebutuhan pokok mereka supaya bisa mendapatkan kebutuhna pokok. Ini jadi pusat perhatian dari gugus tugas,” ujar Sri Mulyani.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Kemenkeu tengah berkoordinasi dengan BNPB dalam mempersiapkan berbagai skenario penanganan virus corona ini.

Skenario tersebut termasuk penanganan di desa juga di lokasi dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.

“Kalau BNPB memutuskan isolasi, pasti sudah dipikirkan juga bagaimana supporting growth. Bahkan sampai masalah ke desa. Kalau di desa, di mana permukiman cukup padat social distance sulit dilakukan,” ujar dia.

BeritaTerkait

Discussion about this post