Peringati Hoormas 2021, Puan Tegaskan Urgensi RUU Sitem Keolahragaan Nasional

LIDIK.ID , Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan agar Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Sistem Keolahragaan Nasional segera diselesaikan. Kamis, (09/09).

Dalam memperingati Hari Olahraga Nasional (Hoornas) tanggal 9 September, Puan juga mengajak masyarakat dalam mendukung para atlet nasional.

Baca Lainnya

Saat ini, RUU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) telah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas. Diharapkan RUU SKN dapat menjadi payung hukum dari rancangan besar olahraga 2021-2045.

“RUU tentang Sistem Keolahragaan Nasional menjadi salah satu RUU yang fokus diselesaikan oleh DPR di masa sidang ini pada tingkat I bersama pemerintah,” kata Puan di sela-sela menghadiri konferensi Ketua Parlemen Dunia di Austria.

Puan menilai RUU SKN penting untuk segera diselesaikan, dimana usulan RUU sebagai revisi dari UU Nomor 3 Tahun 2005 akan menjadi payung hukum peningkatan pembinaan olahraga di Indonesia.

“Pembahasan RUU ini harus melibatkan seluruh elemen masyarakat yang terkait dengan dunia olahraga, dan juga harus terbuka terhadap masukan-masukan termasuk dari kelompok suporter yang punya andil besar dalam sistem keolahragaan kita,” papar Puan.

Di peringatan Haornas 2021, DPR RI itu juga berharap para atlet akan terus meningkatkan prestasi. Puan menyebut, keberhasilan atlet Indonesia di ajang nasional dan internasional menjadi salah satu sarana pemersatu bangsa.

“Semoga teman-teman atlet dapat meningkatkan prestasi agar semakin mengharumkan nama Indonesia, khususnya di kancah dunia,” sebutnya.

Puan juga mendorong pemerintah untuk melakukan peningkatan dalam pembinaan olahraga untuk mendukung prestasi para atlet.

Pemerintah juga diimbau untuk fokus dengan pembinaan di cabang olahraga (cabor) potensial pendulang medali di turnamen-turnamen internasional seperti bulutangkis, menembak, angkat besi, panahan, dan atletik.

“Maksimalkan pembinaan atlet-atlet cabor yang selama ini banyak menyumbang prestasi,” ucap Puan.

Lebih lanjut, Puan berharap pemerintah memikirkan kehidupan para mantan atlet berprestasi yang sudah tidak produktif. Negara tidak boleh lupa akan jasa para atlet tersebut dalam mengharumkan nama bangsa.

“Negara jangan sampai lepas tangan terhadap nasib mantan atlet berprestasi, khususnya mereka yang saat ini hidup susah,” ujarnya.

Terdengar kabar dari mantan atlet berprestas yang sulit menjalani kehidupannya, bahkan ada yang menjual medali emasnya untuk memenuhi kebutuhan.

“Saya berharap pemerintah memberi perhatian lebih sekalipun mereka kini sudah pensiun. Biar bagaimanapun mereka adalah pahlawan olahraga nasional,” tegas Puan.

Mantan Menko PMK itu berharap melalui peringatan Haornas menjadi pengingat persatuan bangsa.

“Selamat Hari Olahraga Nasional tahun 2021 kepada seluruh masyarakat Indonesia. Mari kita bersatu dalam memberikan dukungan kepada para atlet agar terus menunjukkan prestasi membanggakan untuk negeri,” tutupnya.

(MYG)

BeritaTerkait

Discussion about this post