Perkuliahan Offline Terbatas, Nadiem: Hanya Diisi 25 Mahasiswa

LIDIK.ID , Jakarta – Pada daerah yang telah berada di Level 3,2 dan 1 PPKM-nya dapat melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas, tak terkecuali untuk perkuliahan. Selasa, (14/09).

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengatakan dalam pelaksanaannya, pada 1 kelas hanya dapat diisi oleh 25 mahasiswa.

“Level 1,2, dan 3 PPKM sudah bisa mulai tatap muka terbatas dengan 25murid (mahasiswa) per kelas. Tapi tidak ada kumpul-kumpul di luar pembelajaran dan itu memang konsekuensinya. Ini hampir sama dengan SKB 4 Menteri, lebih spesifik ke perguruan tinggi.” ujarnya saat pertemuan dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Universitas Sebelas Maret (UNS), Senin (13/09).

Tujuan dari diberlakukannya kebijakan tersebut adalah mengindari terjadinya kenaikan klaster baru Covid-19.

Kemekdikbud Ristek juga sangat mendukung kepada setiap perguruan tinggi di daerah yang PPKM-nya sudah berada di level 1,2 dan 3 untuk melakukan PTM terbatas.

“Semua anak bisa nge-zoom dan dapat kuota dan bantuan UKT. Tapi, roh interaksi dari perguruan tinggi hilang selama PJJ. Saya harap itu bisa kita kembalikan dengan cepat dengan Prokes yang ketat sehingga roh itu tidak hilanf. Itu yang saya takutkan,” lanjut Nadiem.

Saat menghadiri pertemuan MRPTNI itu, Nadiem didampingi oleh Prof. Jamal Wihoho selaku Rektor UNS dan Ketua MRPTNI.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Plt Dirhen Dikti Ristek Pro. Nizam dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

(MYG)

Discussion about this post