Perwira Tinggi TNI AL Klaim Punya Obat Corona Atas Nama Pribadi

LIDIK.ID – Kasus Covid-19 terus melonjak dengan sumbangan data dari berbagai belah dunia. Hingga kini diketahui ada 3.303.296 kasus di dunia yang telah dikonfrimasi. Dalam banyaknya kasus itu terdapat pasien sembuh sembanyak 1,039,588 orang dan 235.290 kasus kematian.

Informasi data tersebut dapat dilihat secara detail di Google News.

Hingga kini WHO dan tenaga medis di banyak negara tengah mencari dan mengembangkan penemuan vaksin yang dikhususkan untuk penyembuhan infeksi Covid-19, namun kabar datang dari seorang perwira tinggi asal Indonesia yang mengaku memiliki ramuan anti corona.

Beliau adalah Laksma TNI Dr Suradi Agung Slamet, S.Sos, S.T, MM yang telah bekerja sama dengan para ahli mikrobiologi Indonesia kini mengembangkan sebuah ramuan anti corona berbahan dasar herbal. Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksma Mohamad Zaenal, menjelaskan klaim Suradi adalah atas nama pribadi dan tak ada kaitan dengan instandi TNI AL.

“Menyampaikan berita tersebut tidak dirilis resmi Dispenal, melainkan murni atas nama pribadi yang bersangkutan,” kata Zaenal, dalam keterangan resminya, Rabu, 29 April 2020.

Dalam pernyataan ini ia kembali menegaskan yang disampaikan Suradi terkait obat anti Corona sama sekali tidak ada hubungannya dengan kedinasan TNI AL.

“Saya berharap agar pemberitaan tidak menyertakan institusi TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Sebelumnya, Laksma TNI Suradi mengatakan mengenalkan ramuan herbal karya kerja keras para ahli mikro biologi. Ramuan herbal bentuk cairan ini menurutnya aman dikonsumsi mulai anak-anak sampai orangtua.

“Bentuk cairan ini semua dari herbal sehingga aman dikonsumsi. Anak-anak, ibu hamil sampai orang tua enggak papa,” ujar Suradi pada Senin, 27 April 2020.

Dia mengatakan dirinya aktif mengkonsumsi ramuan ini untuk mencegah terpapar. Ia mengatakan ramuan ini diklaim juga bisa memberikan kesembuhan terhadap orang yang terinfeksi Corona.

Ia bilang ramuan ini sudah diujicoba langsung terhadap sejumlah orang yang terinfeksi positif Corona.

“Yang minum ini positif Corona sudah mengakui dan saya pantau memang sembuh,” tuturnya.

Dr Suradi menuturkan ramuan herbal ini telah didaftarakan ke Balai POM RI serta sudah mendapat Surat Izin Edar Nomor POM TR203636031 tanggal 14 April 2020.

Dr Suradi berharap ramuan ini bisa digunakan secara masif di seluruh Tanah Air. Menurutnya hal itu untuk memutus penyebaran virus corona sehingga dibutuhkan campur tangan pemerintah pusat dan daerah dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Berdasarkan hasil pengecekan di BPOM RI, nomor registrasi TR203636031 tersebut memang betul dikeluarkan pada 14-4-2020. Nama produknya adalah Bio Nuswa. Tidak disebutkan bahwa obat ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan gejala virus Corona.

 

Discussion about this post