Petugas Pengisi Uang Bobol Mesin ATM, Raup Rp 498 Juta

LIDIK.ID , Malang – Sejumlah 2 orang petugas pengisi uang mesin ATM tertangkap, setelah berhasil membobol dan mengambil uang sebanyak Rp 498 Juta di Malang. Sabtu, (18/09).

Pelaku berinisial AF merupakan warga Pagak,  Kabupaten Malang sedangkan AP berdomisili di wilayah Wagir, Kabupaten Malang.

Diketahui keduanya sudah melakukan aksi tersebut secara bertahap sejak Januari hingga Agustus 2021, dengan total uang yang didapat sebesar Rp 498 Juta.

Kasus dilaporkan pada tanggal 25 Agustus 2021, tersangka AF sempat kabur ke beberapa tempat tapi berhasil tertangkap di Kabupaten Mojekerto dan AP ditangkap di rumahnya sendiri.

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto membenarkan penangkapan tersebut saat konferensi persnya yang berlangsung Jum’at (17/09) kemarin.

“Setelah menerima laporan, kami kemudian melakukan penyelidikan. Dalam sepekan pelaku bisa teridentifikasi,” ujarnya.

Tersangka AF mengaku sudah berpengalaman dalam melalukan pengisian uang di mesin ATM karena sudah bekerja selama 10 tahun.

“Otak pencurian adalah tersangka AF. Dia sudah bekerjasama dalam pengisian uang ATM selama 10 tahun. Pencurian dilakukan dengan mengambil uang dalam kaset box ATM,” ujar Kasatreskrim Polres Malang Kota Kompol Tinton Yuda Riambodo mendampingi AKBP Budi Hermanto.

Uang yang dicuri oleh AF dan AP digunakan untuk membayar hutang dan foya-foya.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku terancam hukuman maksimal 9 tahun penjara dengan jeratan Pasal 363 KUHPidana.

(MYG)

Discussion about this post