Presiden Jokowi : 105 Ribu APD Tenaga Medis Corona Sudah Didistribusikan

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah ada sebanyak 105 ribu alat pelindung diri (APD) yang telah tiba di Indonesia. APD itu sudah didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia seperti apa yang dikatakan oleh Presiden Jokowi usai meninjau persiapan RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (23/3), “Sudah didistribusikan ke seluruh Rumah Sakit di Tanah Air.”

Presiden Indonesia itu juga memberikan rincian dari pendistribusian APD yang didapatkan, dari total 105 APD tersebut, sekitar 45 ribu unit telah dikirimkan untuk digunakan tenaga medis di Jakarta, Bogor dan Banten, Sementara itu 40 ribu unit APD lainnya didistribusikan ke Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta hingga Bali, 10 ribu untuk luar pulau Jawa.

Baca Lainnya

“10 ribu lainnya untuk cadangan,” kata Jokowi menegaskan dan mengakhiri rincian.

Di kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta masyarakat memaklumi mengenai kondisi sulitnya APD hingga perangkat lain pencegahan virus corona mulai dari masker hingga handsanitizer. Jokowi menjelaskan situasi serba kekurangan ini terjadi karena kurang lebih 180 negara berebutan untuk mendapatkan kebutuhan yang sama. Itu juga salah satu yang membuat Jokowi melarang masyarakat Indonesia untuk mengekspor masker maupun Alat Perlindungan Diri kesehatan. Dalam keadaan seperti ini, negara harus mnegutamakan tenaga medis dan masyarakatnya terlebih dahulu.

Terkait pencegahan virus corona, Kementerian Kesehatan menyatakan telah menyiapkan 100 rumah sakit rujukan di 32 provinsi. Berikut adalah daftar 100 Rumah Sakit yang dinyatakan siap dan mampu memnjadi tempat rujukan penanganan pasien virus corona.

 

BeritaTerkait

Discussion about this post