Rahasia Turun Drastisnya Kasus Corona (COVID-19) di Korea Selatan

Baca Lainnya

LIDIK.ID, Seoul – Wabah yang meraja diseluruh dunia yang tak lain dan tak bukan yaitu Virus Corona COVID-19 di Korea Selatan menurun tajam. Berdasarkan data terbaru, kasus baru di Korsel turun menjadi di bawah 30 orang dan tak ada kasus baru di Daegu.

Pada Kamis 9 April kemarin ada 27 kasus baru, turun dari sehari sebelumnya yakni 39 kasus. Totalnya di Korsel kini ada 10.450 kasus. Pemberitahuan ini seperti yang telah dilansir kantor berita Yonhap, Jumat (10/4/2020).

Terhitung dalam sepekan ini, kasus Virus Corona jenis baru di Korsel hanya bertambah 50 orang per hari atau bahkan kurang. Angka itu adalah penurunan tajam dibanding pada akhir Februari lalu.

Penanggulangan yang membuat penurunan drastis ini diungkapkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Kim. Diketahui bahwa social distancing atau jaga jarak dalam tiga minggu terakhir merupakan hal yang paling ampuh untuk mengurangi penyebaran kasus, terutama di Daegu.

Kasus di Daegu adalah yang tertinggi di Korsel akibat klaster rumah ibadah Gereja. Kasus tertinggi di Korsel berada di Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara dengan masing-masing 6.807 dan 1.327 kasus.

Meski demikian, Ganglip meminta masyarakat jangan lengah karena khawatir ada lonjakan kasus lagi. Ia pun meminta social distancing diperpanjang hingga usai perayaan Hari Paskah.

Jumlah kematian di Korsel juga lebih sedikit ketimbang di Indonesia. Kematian di Korsel akibat Virus Corona adalah 208 kasus dan 7.117 orang berhasil pulih.

Gelombang baru Virus Corona di Korsel kini berasal dari luar negeri. Totalnya kini ada 869 kasus impor.

Korsel telah mengetes lebih dari setengah juta orang demi mendeteksi Virus Corona. Aturan social distancing di Korsel rencananya berlangsung hingga 19 April.

Tak hanya Wakil Menteri Kesehatan saja yang berbicara, Perdana Menteri Korea Selatan Chung Sye-kyun menyebutkan perpanjangan kebijakan jarak sosial dua minggu itu untuk menjaga jumlah kasus infeksi harian tetap di bawah jumlah 50.

BeritaTerkait

Discussion about this post