Rapid Test Di Kota Bandar Lampung Sudah Bisa Dilakukan Hari Ini

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Sesuai dengan Surat Dinas Kesehatan yang beredar bahwa rapid test kini dapat dilakukan di Kota maupun Kabupaten di wilayah-wilayah setempat. salah satunya berada di Kota Bandar Lampung.

Dalam tindak lanjut adanya Surat Edaran Kepala Dinkes Provinsi Lampung Nomor 443/1074/V.02.4/VI/2020, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Edwin Rusli mengatakan bahwa rapid test dapat dilakukan mulai hari ini, Senin, 8 Juni 2020.

“Iya benar Surat Edaran tersebut, dan mulai hari ini 8 Juni 2020 puskesmas yang kami tunjuk siap melayani,” ujarnya pada LIDIK.ID.

Ia juga menjelaskan bahwa Puskesmas baru bisa melayani hingga 35 orang saja dalam sehari, sementara selebihnya akan dilakukan besok hari kemudian. Rapid test juga sudah bisa dilakukan pada pagi hari pukul 08:00 WIB.

“Dalam satu hari, puskesmas hanya melayani 35 orang saja. Lebih dari 35 orang, kami tutup dan dilanjutkan besok harinya. Pelayanan puskesmas ini dari pukul 8 sampai selesai,” terangnya.

Dari pantauan di salah satu tempat yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, Puskesmas Permata Sukarame. Di hari pertama ini orang yang berkunjung untuk melakukan Rapid test masih sepi, meski begitu Puskesmas tetap melayani hingga batas pemeriksaan perhari.

Sama seperti yang tertulis dalam surat edaran Dinas Kesehatan dan Pemerintah, masyarakat yang dapat melakukan rapid test adalah mereka yang terdaftar dan memiliki Kartu Tanda Penduduk.

“Hanya untukk yang KTP bandar Lampung, yang luar bandar Lampung mandiri tes rapidnya. Hasilnya bisa di bawa ke Puskes untuk minta surat sehat. Surat sehat bisa di Puskesmas dengan membawa hasil rapid test mandiri,” jelasnya lagi melalui via Call Center kepada LIDIK.ID, 8 Juni 2020.

Discussion about this post