Ratusan Pemudik dari Bakauheni Lolos ke Merak

LIDIK.ID, CILEGON – Berbagai kebijakan dilakukan pemerintah untuk menghindari terjadinya mudik do tengah pandemi Corona (Covid-19). Namun kenyataannya, ratusan pemudik dari Sumatera berhasil menyeberang lagi dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung ke Pelabuhan Merak, Banten. Selain itu mereka turut membawa surat kesehatan yang menyatakan bebas virus corona (Covid-19).

“Alhamdulillah, kami lengkap, medical check negatif Covid-19. Saya pulang mau ke Sukabumi. Perjalanan alhamdulillah aman,” kata salah satu pemudik, Ferdy (54), ditemui di Terminal Terpadu Merak, Kota Cilegon, Banten, Rabu, 20 Mei 2020 seperti yang dikutip CNN.

Menurut informasi yang didapat, sebagia besar pemudik adalah orang-orang yang habis kontrak kerja maupun yang penghasilannya berhenti akibat wabah virus Corona. Para pemudik yang seperti ini harus kembali ke kampung halaman masing-masing demi melanjutkan hidup.

Sementara Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi mengaku tak tahu ratusan orang itu bisa lolos sampai ke Pelabuhan Merak.

Ratusan orang yang berhasil menyeberang itu kemudian dikumpulkan di Lantai II Terminal Terpadu Merak, yang berhadap-hadapan dengan Kantor BPTD Wilayah VIII Banten. Mereka kemudian didata oleh petugas Kemenhub itu. Sama seperti yang dilakukan pada Senin (18/5) lalu, sebanyak 861 orang melakukan pendataan yang sama.

BPTD Wilayah VIII Banten mendata mereka dan menyiapkan bus gratis untuk mengantar ke daerah tujuan. Pemerintah telah melarang mudik ke kampung halaman di tengah pandemi virus corona sejak 24 April lalu. Namun, pada 7 Mei pemerintah mengizinkan moda transportasi beroperasi kembali saat mudik dilarang.

Pemerintah mengizinkan mereka menggunakan transportasi umum di antaranya yang punya kepentingan mendesak dan memiliki surat keteragan bebas Covid-19.

 

Discussion about this post