Ratusan Rumah Warga Daliserdang Rusak Akibat Amukan Angin Puting Beliung

LIDIK.ID, DALI SERDANG – Sebuah bencana terjadi di Medan, Sumatera Utara dan mengakibatkan ratusan rumah rusak parah. Tak hanya itu, listrik yang ada di wilayah Percut Seituan dan Labuhan Deli juga sempat padam. Hal ini lantaran beberapa pohon bertumbangan termasuk papan Billboard.

Semua ini akibat dampak dari amukan puting beliung yang terjadi Kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, bahkan kejadian itu terjadi pada malam hari sekitar pukul 20:00 WIB atau pukul 8 malam.

Ratusan unit rumah yang rusak terjadi pada tiga Kecamatan itu meliputi Labuhan Deli, Percut Seituan dan Pantai Labu. Selain dengan kategori ringan dan sedang ada beberapa diantaranya yang mengalami tidak berat. Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih terus melakukan pendataan.

“Sekarang masih terus kita data. Lebih dari 100 rumah lah tadi malam kita hitung,”ujar Camat Labuhan Deli, Saffi Sihombing Selasa, 12 Mei 2020.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun 7 orang warga yang mengalami luka-luka setelah kejadian dan segera dilarikan ke puskesmas karena luka yang didapat adalah luka ringan.

Dirincikannya untuk di Kecamatan Labuhan Deli hanya ada Desa Pematang Johar, sementara di Kecamatan Percut di Desa Sampali, Saentis, Tanjung Selamat dan Tanjung Rejo. Sedangkan di Kecamatan Pantai Labu berada di Desa Kelambir dan Pematang Biara.

“Kalau di Pantai Labu hanya 15 rumah. Untuk sementara di Desa Sampali ada 52 rumah,” kata Z A Hutagalung.

Sekda Deli Serdang, Darwin Zein turun ke lokasi untuk memastikan bagaimana situasi terkini yang dialami oleh korban.

Kepada masing-masing Camat Darwin meminta agar para korban cepat diberikan bantuan.

Bantuan cepat jiga disalurkan oleh Wartawan Unit Polresta Deliserdang (WUPDS) yang membagiakn bantuan sembako pada warga yang menjadi korban pada Selasa, 12 Mei 2020. Sementara kejadian itu terjadi pada Senin, 11 Mei 2020, malam.

 

Discussion about this post