Rombak Freeport, Erick Thohir Tunjuk Putra Papua Jadi Direksi

(LIDIK.ID) – Menteri BUMN Erick Thohir merombak jajaran Komisaris dan Direksi PT Freeport Indonesia. Perombakan dilakukan Kementerian BUMN karena PTFI merupakan anggota holding BUMN pertambangan yang 51 persen sahamnya dikuasai pemerintah melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar pada (7/02/2020) di Kementerian BUMN, Erick mengangkat Claus Wamafma sebagai Direktur PTFI. Dia merupakan orang pertama berdarah Papua yang menduduki kursi direksi di perusahaan tersebut. Claus tercatat lahir di Manokwari, Papua, 47 tahun lalu.

Baca Lainnya

“Di internal (penetapan direksi baru) tanggal 11 Februari 2020,” kata VP Corporate Communication PT Freeport Indonesia, Riza Pratama, saat dikonfirmasi kumparan, (18/02/2020).

Sebelumnya personel di jajaran direksi PT Freeport Indonesia memang berkurang karena Orias Petrus Moedak diangkat menjadi Direktur Utama PT Inalum (Persero). Orias menggantikan Budi Gunadi Sadikin yang diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN.

Dikutip dari Linkedin, Claus Wamafma menamatkan pendidikan S1 di Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1998. Pada 2009, ia menyelesaikan pendidikan S2 bidang Manajemen Operasi di ITB.

Di PT Freeport Indonesia, Claus Wamafma pernah menduduki berbagai jabatan. Mulai dari GeneralSuperintendent-Warehouse pada 2008-2011.

Kemudian pada 2011-2014, Claus Wamafma menjabat sebagai Manager Warehouse Management pada 2011-2014. Di 2014, ia naik ke posisi Vice President of Community Development. Setelah 12 tahun berkarier di Freeport, akhirnya Claus Wamafma berhasil mencapai level direksi.

Dalam RUPS tersebut, Erick juga mengangkat jajaran Wadirut PTFI pengganti Orias Petrus yakni Jenpino Ngabdi. Sementara Orias yang menjadi Dirut Inalum diangkat sebagai Wakil Komisaris Utama PTFI.

Berikut Jajaran Komisaris dan Direksi Baru PT Freeport aIndonesia yang Baru

Komisaris

Presiden Komisaris : Richard C. Adkerson

Wakil Presiden Komisaris : Orias Petrus Moedak

Komisaris : Adrianto Machribie Komisaris : A.M. Fachir

Komisaris : Hinsa Siburian

Komisaris : Kathleen Lynne Quirk

Direksi

Presiden Direktur : Clayton Allen Wenas

Wakil Presiden Direktur : Jenpino Ngabdi

Direktur : Achmad Ardianto Direktur : Claus Wamafm

Direktur : Mark Jerome Johnson

Direktur : Robert Charles Schroeder

 

BeritaTerkait

Discussion about this post