Scan QR Code PeduliLindungi Sudah Bisa Lewat Aplikasi Tiket.com

LIDIK.ID – Saat ini, scan QR Code PeduliLindungi sudah bisa diakses melalui aplikasi pemesanan tiket dan penginapan Tiket.com. Kerjasama ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat serta mendukung kebangkitan ekonomi di Indonesia.

Adapun fitur tersebut adalah Safe Entrance pada PeduliLindungi, yang digunakan sebagai syarat masyarakat melakukan aktivitas publik, dan saat ini sudah dapat diakses dalam aplikasi Tiket.com.

Dengan melalui check-in dan check-out pada fitur tersebut, status vaksinasi Covid-19 dan aktivitas pengujung dapat terdeteksi dan dikendalikan.

Pada aplikasi Tiket.com, fitur tersebut berada di halaman depan. Dengan mengklik ikon tersebut, pengguna sudah dapat melakukan check-in dengan memasukkan nama lengkap dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian klik konfimasi untuk mengetahui detail data identitas. Jika sudah sesuai, lanjutkan ke QR Code.

Kemudian akan muncul kotak konfirmasi untuk izin akses kamera pada perangkat. Scan barcode, dan detail lokasi akan muncul, klik check-in di lokasi tersebut.

Hasil keterangan akan muncul berdasarkan data pengguna dalam PeduliLindungi, dengan 4 kategori warna yakni, hitam, merah, kuning dan hijau.

  • Hitam berarti positif Covid-19 atau melakukan kontak fisik dengan pasien lain dan tidak diizinkan masuk ke area publik.
  • Merah, belum divaksinasi Covid-19 yang juga tidak mendapat akses.
  • Kuning berarti sudah divaksinasi dosis pertama. Diizinkan masuk setelah petugas melakukan verifikasi. Penerapan protokol kesehatan juga harus dilakukan dengan ketat.
  • Hijau, berarti aman dan sudah divaksinasi lengkap yakni 2 dosis, diizinkan untuk memasuki tempat umum.

Saat keluar dari lokasi tersebut, lakukan check-out, untuk melakukan update jumlah pengunjung kepada pengelola tempat.

Aplikasi Tiket.com dapat diunduh melalui App Store bagi pengguna iOS dan Play Store untuk Android.

(MYG)

Discussion about this post