Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf

LIDIK.ID , Jakarta – Adidas Singapura sempat menjadi sorotan warganet Indonesia, lantaran menyebut kesenian tradisional Wayang Kulit dari Malaysia. Selasa, (16/11).

Hal tersebut diungkapkan oleh Adidas Singapura melalui unggahannya di Instagram @adidassg, saat mengumumkan desain produk terbaru mereka yang bertemakan Asia Tenggara, salah satunya Wayang Kulit.

“Merayakan warisan budaya Malaysia lewat mata @JAEMYC dalam #UltraBOOST DNA City Pack berikutnya,” tulis Adidas Singapura.

“Desainnya berbicara tentang pengohormatan Wayang Kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan menggabungkan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern, dalam oendekatan ‘lama bertemu-baru’ pada DNA UltraBOOST,” lanjut akun tersebut.

Namun, mereka menyebut Wayang Kulit dari Malaysia, bukan dari Indonesia. Dimana, designer produk tersebut juga berasal dari Malaysia, sehingga memancing komentar pedas dari warganet.

Akhirnya, pihak Adidas Singapura menyampaikan permohonan maaf melalui Instagram Stories di akun yang sama, yakni @adidassg.

“Terima kasih sudah menguhubungi kami. Ketika Wayang Kulit adalah bagian signifikan dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menekankan asalnya dari Indonesia di unggahan kami,” tulis Adidas Singapura dalam Instagram Storiesnya @adidassg. Selasa, (16/11).

“Kami sungguh-sungguh meminta maaf atas ketidaksengajaan yang mungkin telah membuat tersinggung, dan sekarang kami telah mengubah unggahannya,” imbuh mereka.

Adidas Singapura juga menekankan bahwa baik merek atau seniman yang bersangkutan tidak berniat untuk mengklaim seni budaya milik Indonesia tersebut.

“Kami berterima kasih sekali lagi atas dukungan kepada merek dan kepada kreator yang berkolaborasi untuk merayakan budaya unik sebagai identitas budaya,” pungkasnya.

Kini, kutipan dalam unggahan tersebut juga telah diubah oleh Adidas Singapura.

“Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi bagian lain di Asia Tenggara. Desain #UltraBOOST DNA City Pack memberikan penghormatan untuk bentuk seni dengan menggabungkan elemen Wayang Kulit dengan Palet warna modern, dalam pendekatan ‘lama bertemu-baru’ pada DNA UltraBOOST,” tulis Adidas Singapura. Selasa, (16/11).

(DIM)

Discussion about this post