Tak Perlu Khawatir Pandemi Corona! Donor Darah Bandar Lampung Tetap Berjalan

LIDIK.ID. BANDAR LAMPUNG – Di tengah Pandemi Virus Covid-19 (coronavirus disease 2019), stok darah di PMI Provinsi Lampung menipis sejak banyaknya perusahaan yang memberlakukan Work From Home (WFH) dan masyarakat risau terhadap Pandemi ini. Menghadapi itu, Dr. Firmansyah Roni mangajak warga masyarakat untuk melakukan donor darah.

Dr. Firmansyah Roni meminta masyarakat tidak perlu risau di tengah situasi pandemi Covid-19. Menurutnya, akibat yang ditimbulkan dari kerisauan tersebut terjadi kekurangan stok darah di PMI Lampung.

Baca Lainnya

“Dengan tetap memberlakukan social distancing dan protokel kesehatan, pelaksanaan donor darah masih bisa dilakukan dengan baik dan memenuhi aturan. Sehingga tidak melanggar aturan yang ditetapkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Dr. Firmansyah Roni mengatakan bahwa stok darah yang tersedia di PMI akan berubah setiap 15 menit dan bisa diakses oleh masyarakat melalui play store aplikasi Donorku.

“Masyarakat juga bisa melihat sendiri stok darah di Lampung ini dengan menggunakan aplikasi Donorku,” jelasnya.

Selain itu, ia mengingatkan jika penyebaran Virus Corona tidak berpengaruh pada donor darah sebab penularannya bukan melalui darah. Untuk itu ia mengimbau agar masyarakat tak takut mendonorkan darah, sebab saat ini masih banyak pasien yang membutuhkan bantuan darah.

“Jadi banyak pasien, saudara kita yang membutuhkan darah. Karena tak hanya COVID-19 saja, disitu ada DBD, pendarahan saat ibu melahirkan, cuci darah dan kecelakaan,” kata Dr. Firmansyah Roni kepada LIDIK.ID, 2 Juni 2020.

“Jangan karena COVID-19 masyarakat nggak mau donor. Sebenarnya COVID-19 dengan donor darah tidak berpengaruh,” ujarnya

BeritaTerkait

Discussion about this post