Telapak Tangan Sering Berkeringat Apakah Sesuatu Yang Normal?

Dulu Telapak yang bekeringat selalu dikaitakan dengan berbagai penyakit tertentu dari yang memiliki penyakit jantung hingga terkena Paru-Paru Basah. Namun berkembang nya teknologi. Informasi mengenai masalah kesehatan mudah didapatkan.

Anda tidak perlu khawatir secara berlebihan karena keringat berlebihan biasanya tidak berbahaya. Normalnya, kelenjar keringat akan mengeluarkan cairan keringat ke permukaan kulit ketika udara sedang panas. Cairan keringat juga diproduksi ketika seseorang sedang berolahraga, gugup, stres, gelisah, atau demam.

Baca Lainnya

Seperti yang Lidik.id himpun dari situs alodokter.com, Keringat berlebihan pada area tertentu di tubuh tanpa alasan yang jelas disebut hiperhidrosis primer. Tidak seperti orang-orang pada umumnya, seseorang yang mengalami hiperhidrosis bisa bercucuran keringat secara berlebihan meski sedang tidak kepanasan.

Selain karena aktivitas saraf, tangan berkeringat juga bisa disebabkan faktor psikis. Kondisi ini membuat sistem saraf bekerja secara berlebihan, salah satunya ditandai dengan keringat berlebih pada telapak tangan. Anda mungkin merasakan gejala-gejala lain seperti sulit berkonsentrasi, cemas, gelisah saat tidur, serta lebih sering buang air besar atau kecil. Gejala-gejala seperti ini juga bisa terjadi ketika kelenjar tiroid seseorang terlalu aktif.

Tangan berkeringat merupakan hal yang wajar dalam kondisi tertentu. Namun, bila tangan berkeringat sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab dan langkah penanganan yang tepat.

BeritaTerkait

Discussion about this post