Tes ASN PPPK 2021 Jadi Sorotan, Ada apa?

LIDIK.ID , Jakarta – Pendaftaran anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) bersamaan dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah dibuka sejak bulan Juni lalu. Total pendaftar tahun 2021 ini mencapai 3 juta lebih, dari kaum muda hingga yang sudah berkepala 5 pun ada. Jum’at (17/09).

Seorang kakek berusia 57 tahun yang turut ikut dalam seleksi tes PPPK 2021 menjadi sorotan di media sosial, hingga trending di Twitter.

Diketahui ia adalah seorang guru honorer berasal dari Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur. Sayang, kakek tersebut dinyatakan tidak lolos dalam tes PPPK.

Hal tersebut membuat sang kakek menjadi sorotan, banyak warganet yang merasa iba dan kasihan karena walaupun sudah dalam keadaan sepuh, Kakek tersebut masih semangat mengikuti tes PPPK.

“Seleksi ASN PPPK guru tahun ini ada guru berumur 50-an yang tidak menyerah untuk menaikkan kesejahteraannya, mungkin sudah puluhan tahun mereka mengajar,” tulis akun Twitter DS beserta foto Kakek tersebut.

Selain Kakek berusia 57 tahun tersebut, banyak juga peserta yang sudah sepuh sehingga sulit melakukan prosedur tes PPPK, bahkan ada yang datang dalam keadaan stroke.

Salah satu pengawas ruang ujian tes PPPK Guru, Novi Khassifa hingga membuat surat terbuka kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim.

Dalam surat tersebut, Novi menuliskan kisah sang Kakek yang tetap semangat mengikuti tes PPPK namun tidak lolos. Ia mengaku ikut sedih melihat sang Kakek yang tidak lolos, sehingga memberanikan diri untuk menulis surat terbuka tersebut.

“Entahlah, apa yang dipikirkan. Melihatnya saya pun ikut terisak. Memang benar beliau tak secerdas, sejenius, sekreatif Mas Menteri,” tulisan dalam surat terbuka Novi.

Banyak yang mendukung surat terbuka Novi dan berharap semoga para guru honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun, dapat diangkat menjadi ASN tanpa mengikuti tes PPPK.

(MYG)

Discussion about this post