Tips! Aktivitas Pagi yang Membuat Anda Tetap Sehat dan Produktif

LIDIK.ID, Bandar Lampung – Tak terasa, hari minggu kini telah berganti ke hari senin kembali. Sebagian besar orang akan mulai memikirkan semua hal yang harus diperiksa dari daftar prioritas di tempat kerja, pertemuan dengan klien, dan tenggat waktu kerja.

Bahkan bagi yang menyukai pekerjaan, saat stres atau merasa berada di bawah banyak tekanan, mungkin akan sulit untuk tetap fokus dan produktif. Tapi, langkah pertama menuju sukses bukanlah menetapkan tujuan atau bekerja hingga larut malam di kantor, melainkan merawat diri sendiri dan menjaga kesehatan. Karena tubuh yang sehat, akan menghasilkan kerja yang lebih baik.

Perlahan namun pasti, cobalah menjadi diri yang lebih baik setiap harinya dengan runtinitas-rutinitas kecil yang membuat tubuh terbiasa bergerak dan produktif.

LIDIK.ID kembali merangkum tips di pagi hari agar menjadi orang yang lebih sehat dan lebih positif di tempat kerja, seperti dilasir Self dan purewow.com. Kebiasaan di bawah ini akan membuat anda lebuh percaya diri dan siap menghadapi apapun.

1. Minum Air Putih setelah Bangun Tidur

Bukan hanya karena berolahraga, saat bangun tidur kita juga membutuhkan air untuk tubuh  karena suhu udara yang lebih panas, yang berarti tubuh menyerap hidrasi lebih cepat. Cobalah meminum segelas air hangat atau dingin di pagi harikarena baik untuk metabolisme dan yang terpenting dapat melepaskan ketegangan di otak karena kurang tidur, stres, atau kelelahan. Jika perlu menambahkan rasa, tambahkan dengan irisan jeruk nipis atau lemon.

2. Buat Daftar yang Harus Dikerjakan

Daftar yang harus dikerjakan tidak harus selalu saat tiba di kantor atau hanya pekerjaan kantor saja, buatlah daftar sederhana anda dari bangun tidur hingga kembali ke rumah atau jam kerja selesai. Dengan begitu anda akan mengetahui waktu yang anda habiskan dan dapat menggunakan sisa waktu sebaik mungkin.

3. Sempatkan gerak badan
Semakin sering menggerakkan tubuh, semakin produktif Anda nantinya. Bersikap aktif tidak hanya akan memberi energi positif, namun endorfin membantu mengurangi tingkat stres juga.

Bila tak sempat berolahraga, Anda bisa memanfaatkan aktivitas di kantor untuk menggerakkan badan, misalnya dengan pergi ke mesin fotokopi di tempat yang agak jauh dari meja kerja. Bisa juga dengan menyampaikan pesan atau mengantarkan berkas langsung ke rekan kerja. Bila anda menggunakan kendaraan umum dan berhenti tepat di depan kantor, coba berhenti di tempat yang sedikit lebh jauh supaya tubuh anda terbiasa untuk berjalan kaki.

4. Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Sedang diet atau tidak, berpuasa atau tidak, mengonsumsi makanan yang tepat dipercaya bakal membuat hari Anda berjalan lebih baik. Sumber vitamin A dan C bisa berfungsi dengan sangat baik tanpa tambahan gula. Jika berpuasa alangkah baiknya anda mengkonsumsi makanan yang tepat terlebih dahulu sebagai sumber tenaga anda. Jangan lewatkan sarapan anda karena itu sangat diperlukan tubuh anda untuk mulai beaktifitas fisik maupun pikiran.

5. Susun strategi
Tugas kecil di tempat kerja tak hanya penting tapi juga bisa mengalihkan perhatian. Setiap hari, sisihkan setidaknya 10 menit untuk menyusun strategi proyek-proyek besar dan prioritas yang Anda miliki. Otak dalam keadaan paling segar di pagi hari dan siap menyelesaikan banyak hal. Jadi, pastikan untuk menggunakannya lebih awal di pagi hari. Anda bisa melakukan tugas kecil, seperti membersihkan email yang masuk atau merapikan meja kerja di sore hari.

6. Bekerja Sesuai Passion

Lakukan hal yang jadi pilihan dan kesukaan Anda dan membuat Anda bersemangat, juga bergairah. Mengerjakan hobi sebagai kebiasaan penting dilakukan karena Anda tidak akan pernah merasa membuang waktu. Bayangkan hal-hal menyenangkan denga cara anda sendiri agar tugas yang diberikan tak terasa berat. Hal ini juga bisa anda lakukan dengan rekan kerja anda, karena rekan yang bak akan membuat anda semakin bersemangat mengerjakan pekerjaan anda.

7. Bersyukur

Kebahagiaan dimulai dengan rasa bersyukur. Berusahalah untuk selalu mengucap syukur setiap pagi dan lakukan hal sederhana, namun penuh makna ini setiap bangun tidur di pagi hari. Mulailah hari anda dengan senyuman dan pikiran positif, hal ini akan membuat anda merasa lebih tenang dan dapat berpikir dengan baik. Hal yang wajar jika sesekali anda melakukan kesalahan atau dalam proses belajar, kesuksesan juga berasal dari kesalhan yang anda pelajari. Jangan ragu untuk meminta maaf dan meminta bimbingan pada rekan kerja, senior anda, maupun atasan anda dengan cara yang baik.

 

Discussion about this post